get app
inews
Aa Read Next : Dukung Produktivitas Jagung, Sygenta Kenalkan Teknologi dan Inovasi ke Ratusan Petani

Alsintan Bantuan Kementan Tingkatkan Produksi Pertanian di Jatim

Sabtu, 20 November 2021 | 07:17 WIB
header img
Alsintan merupakan alat bantu untuk meningkatkan efektivitas kinerja petani di sawah. (Foto: iNewsSurabaya/HO)

SURABAYA, iNews.id - Petani di Jawa Timur mulai merasakan manfaat bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang diberikan oleh Kementerian Pertanian (Kementan). Bahkan, program bantuan alsintan itu, mampu meningkatkan produksi pertanian para petani.

"Saya berterimakasih sekali adanya bantuan alsintan dari pemerintah. Saya sebagai petani sangat merasakan betul manfaatnya, baik mulai dari pengolahan sampai dengan tahap panen dan pasca-panen," kata anggota dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Surangganti Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Heru Rusiyanto, Jumat (19/11/2021).

Heru mengaku dengan adanya Alsintan tersebut produktivitas hasil panen padi para petani meningkat dari sebelumnya. Heru bersyukur dengan adanya bantuan Alsintan yang diberikan oleh Kementan.

"Dengan adanya mesin tanam bibit itu, tentu tanaman bisa diperlakukan dengan baik. Misalnya bibit tidak boleh dipotong, istilahnya tidak boleh disiksa lah bibit itu, karena itu berpengaruh pada hasil panen," ujarnya. 

Sedangkan untuk hasil panen, lanjut Heru, perbandingan cukup signifikan dari sebelum memakai Alsintan dan setelah memakai Alsintan. Jika sebelumnya untuk luasan 6000 m² bisa dapat 3,3 ton sampe 3,6 ton, saat ini bisa dapat 5 ton sampai 6 ton. 

"Karena kan pertumbuhan padinya kan lebih bagus dan lebih cepat. Anakannya lebih banyak dan ketika kita panen kehilangan yang jatuh-jatuh itu juga sedikit," jelasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut