get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jawa Timur Fokus Langkah Nyata Kendalikan Perubahan Iklim, Ini yang Dilakukan

Pengadaan Mobil Listrik Jadi Kewajiban, Ini yang Dilakukan Gubernur Khofifah

Senin, 19 September 2022 | 12:40 WIB
header img
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyiapkan anggaran untuk pengadaan mobil listrik sesuai dengan terbutnya Instruksi Presiden (Inpres) nomor 7. Foto Kominfo Jatim

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyiapkan anggaran untuk pengadaan mobil listrik. Hal ini sesuai dengan terbutnya Instruksi Presiden (Inpres) nomor 7 tahun 2022 terkait percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik dan menyatakan kesiapan Jawa Timur melaksanakan instruksi tersebut. Pemprov Jatim akan bersinergi dengan pihak terkait untuk segera menyesuaikan kendaraan dinas operasional dan kendaraan perorangan di lingkungan Pemprov Jatim untuk dikonversi ke kendaraan listrik.

"Intinya kami siap. Selama ini kami memang sudah coba mengidentifikasi. Dan dengan adanya inpres ini kami siap untuk melakukan penyiapan penggunaan kendaraan listrik,” tegasnya.

Menurut Khofifah, hal ini penting dilaksanakan untuk mencapai cita-cita besar Indonesia tentang emisi karbon. Yakni visi net zero emissions pada 2060. "Cita-cita nol emisi karbon ini harus disusun langkah strategisnya mulai sekarang. Nanti seterusnya, generasi selanjutnya yang akan meneruskan dan menikmati hasilnya. Mudah-mudahan ini bisa menjadi amal jariyah kita mewariskan lingkungan yang lebih sehat dan bersih kepada dunia," imbuhnya. 

Lebih jauh, Khofifah menjelaskan bahwa regulasi atau kebijakan untuk mendukung Inpres ini akan segera disusun. Untuk itu, pihaknya akan melakukan kajian dan koordinasi utamanya terkait standar biaya untuk dimasukkan dalam penganggaran.

"Pokoknya kami  siap menindaklanjuti  Inpres ini. Insya Allah, dimulai dari Pemprov Jatim dan pemerintah di kabupaten/kota dulu, secara bersamaan  masyarakat akan mengikuti dengan sendirinya," terang Gubernur perempuan pertama Jatim itu. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut