get app
inews
Aa
Read Next : Perayaan Heboh Dies Natalis Universitas Wijaya Putra, Momen Penuh Semangat dan Inspiratif

Gender Masih Jadi Isu Hangat Dunia, Ini Kata Tokoh Pendidikan Indonesia 

Rabu, 21 September 2022 | 22:19 WIB
header img
Isu gap antara laki-laki dan perempuan ini terjadi diberbagai sektor, mulai pekerjaan, pendidikan, hingga kesehatan. Sektor ini Indoensia menjadi Negara yang tertinggal, dibawah Vietnam, Thailand, bakan Timor Leste. Foto iNewsSurabaya/ist

Selanjutnya Jendrius penggiat kajian gender dari Univesitas Andalas menambahkan, untuk mengatasi isu-isu kesetaraan gender pada bidang ekonomi, politik, kesehatan, dan pendidikan diperlukan juga peran aktif dari kaum laki-laki.  “Untuk mendorong keterlibatan perempuan Minangkabau dalam politik/pemerintahan/Nagari tentu memerlukan dukungan kuat dari keluarga dan kerabat, terutama dari suami, ayah dan kerabat laki-laki serta saudara laki-laki, mamak,” katanya.

Jeendrikus menegaskan perlunya kampanye solidaritas untuk mencapai kesetaraan gender melalui pendekatan sistemik dan platform strategis yang menargetkan laki-laki dari berbagai umur untuk ikut terlibat dan menjadi agen perubahan untuk kesetaraan gender di Indonesia.

Sementara, Dr. Esa Wahyu Endarti, SH., M.Si. Wakil Rektor Bidang PPSD menuturkan perempuan merupakan setengah dari kekuatan SDM bangsa Indonesia, maka dari itu perempuan mandiri dan berdaya akan mampu menjaga ketahanan pangan Indonesia. Ketahanan pangan rumah tangga terdiri dari Aspek Ketersediaan Pangan, Aspek Akses terhadap Pangan, dan Aspek Penyerapan Pangan.

“PUG bukan merupakan suatu program kegiatan, melainkan strategi pembangunan. Dengan strategi PGU, kesetaraan gender akan terwujud dan akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan, dan menyelenggarakan pemerintahan lebih efektif,” papar dia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut