Logo Network
Network

Yohan Arganera Putra, Atlet Wushu Cilik Asal Sukabumi Dengan Segudang Prestasi

Ali Masduki
.
Senin, 26 September 2022 | 11:50 WIB
Yohan Arganera Putra, Atlet Wushu Cilik Asal Sukabumi Dengan Segudang Prestasi
Yohan Arganera Putra, saat berlaga di Piala Presiden 2022 di Graha Unesa Surabaya, Rabu (21/9/2022). Foto/Tangkapan Layar

Meski sudah banyak prestasi yang diukir, Yohan tidak berpuas diri. Atlet cilik ini ingin mewakili daerahnya di laga PON. Hal itu ia lakukan semata-mata untuk membahagiakan orang tua dan keluarga.

Sementara itu pelatih Yohan, Wahyu, mengatakan bahwa keiutsertaan anak didiknya di Piala Presiden 2022 Surabaya ini selain untuk menambah jam terbang, juga menjadi ajang pelatihan para murid perguruan Cahya Damar Suci sebelum mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat akan berlangsung pada 12-19 November 2022.

“Dari pertandingan di Surabaya ini, kami melihat rata-rata mental dari peserta sangat bagus. Ini yang harus kami pelajari. Mental dan ketahanan fisik adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, namun jika harus memilih mana dulu yang harus ditempa, mental adalah yang utama,” tegasnya.

 

Pendiri perguruan Cahya Damar Suci ini mengapresiasi peran sekolah dan orangtua atlet. Menurutnya, peran mereka sangat membatu perkembangan anak didiknya. Baik itu dari sisi pembiayaan hingga adanya kesempatan untuk meraih prestasi.

“Selama ini kami mendapatkan biaya Sebagian besar memang dari orang tua murid. Untuk latihan biasanya kami dibantu pihak swasta. Pihak akademis dan sekolah juga berperan karena telah memberikan kesempatan kepada muridnya untuk berprestasi, terima kasih kepada semua pihak yang telah mensupport kami,” tandasnya.

 

Berikut Prestasi Yohan dari beberapa kejuaraan baik di wilayahnya maupun di luar Jawa Barat:

1. Juara 9 Chang Quan Grup C, Wugame UI Depok 2019
2. Juara 5, Chang Quan Grup C, Virtual Wushu Championship 2020, Bogor
3. Juara 9, Chang Quan Grup C, Sirkuit Nasional Wushu Taolo 2021, Bogor
4. Juara 1, Daoshu/Gunshu, BK Porda Jabar, 2021, Kuningan
5. Juara 5, Daoshu, Indonesia Wushu All Games, 2021, Jakarta
6. Juara Gunshu, Indonesia Wushu All Games, 2021, Jakarta
7. Juara 9, Chang Quan, Indonesia Wushu All Games, 2021, Jakarta

 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini