get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi Koperasi dan Teknologi, Akses Keuangan Digital Lebih Mudah di Ujung Jari

FEB Unair Ajak Lansia Melek Keuangan

Selasa, 27 September 2022 | 10:42 WIB
header img
Pegmas FEB Unair mengajak para lansia melek keuangan. Foto/Pegmas Unair for iNewsSurabaya.id

Suko, salah satu pengurus kelompok Lansia Gundih mengaku bahwa kehadiran tim Pegmas FEB Unair ini sangat bermanfaat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali supaya bisa tahu istilah keuangan, kalua dulu Cuma denger dari anak saya saja," ujarnya.

Senada dengan Suko, Painem yang menjadi salah satu peserta edukasi akhirnya mengerti ragam e wallet di Indonesia seperti shopee pay, gopay, ovo, dan lain-lain

“Saya jadi ngerti selain ovo dan gopay masih ada dompet elektronik yang lain ya," ungkap Painem.

Lain dengan ungkapan Dewi, salah satu peserta yang mempunyai pinjaman pada Lembaga leasing. "Wah, kalau ndak utang nanti ndak punya motor mbak," celetuknya.

Dalam kesempatan ini peserta dapat berkonsultasi tentang keuangan langsung kepada tim supaya peserta mampu mengambil keputusan dengan bijaksana.

Kelompok lansia yang dapat secara bijaksana mengambil keputusan keuangan tidak akan membebani para sandwich generation (anak), sehingga lansia dapat meningkat kesejahteraan hidupnya. 

Perlu diketahui, kelompok penduduk lanjut usia di Surabaya mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statisik (BPS) Provinsi Jawa Timur, persentase jumlah lansia di Surabaya terus bertambah. 

Pada 2018, jumlah lansia sebanyak 8,53 persen dan 2019 naik menjadi 8,84 persen. Jumlah tersebut terus bertambah pada 2020 sebanyak 9,19 persen dari total jumlah penduduk Surabaya, atau sekitar 253.751 orang lansia. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut