get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi Koperasi dan Teknologi, Akses Keuangan Digital Lebih Mudah di Ujung Jari

FEB Unair Ajak Lansia Melek Keuangan

Selasa, 27 September 2022 | 10:42 WIB
header img
Pegmas FEB Unair mengajak para lansia melek keuangan. Foto/Pegmas Unair for iNewsSurabaya.id

Sementara itu, Made Gitanadya Ayu yang juga satu tim Pegmas FEB Unair menjelaskan, peningkatan kualitas hidup lansia dapat diperoleh dari berbagai cara. Salah satunya adalah memberikan pemahaman dasar cara mengelola keuangan. 

Pengelolaan keuangan secara bijaksana dapat menjadikan kelompok lansia mandiri dan tidak membebani sandwich generation. 

"Istilah sandwich generation adalah generasi yg terhimpit diantara memberikan nafkah untuk anak atau pasangan dan orang tua. Stigma negative lansia dapat dikikis dengan membentuk lansia yang merdeka secara keuangan atau financial freedom," jelasnya.

 

Ia melanjutkan, agar masyarakat luas termasuk kelompok lanjut usia dapat menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan, masyarakat harus memahami dengan benar manfaat dan risiko, mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Literasi Keuangan juga memberikan manfaat yang besar bagi sektor jasa keuangan. Lembaga keuangan dan masyarakat saling membutuhkan satu sama lain. Sehingga semakin tinggi tingkat Literasi Keuangan masyarakat, maka semakin banyak masyarakat yang akan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan," paparnya.

Pengabdian masyarakat untuk kelompok Lanjut Usia Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan Surabaya ini diikuti sekitar 75 orang. Sebelum kegiatan dilaksanakan, tim pengabdian masyarakat melaksanakan survey lokasi dan berdiskusi dengan ketua kelompok lansia agar dapat memahami permasalahan yang ada di wilayah Gundih.

Setelah melakukan survey dan diskusi adalah melaksanakan edukasi atau sosialisasi mengenai keuangan meliputi pengenalan simpanan berupa tabungan, deposito dan pengelolaan pinjaman serta investasi yang bijaksana.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut