get app
inews
Aa Read Next : Pemuda Shiddiqiyyah Bangun Rumah Layak Huni Untuk Warga Surabaya

Inilah 13 Tokoh Penting Dibalik Lahirnya Sumpah Pemuda

Senin, 24 Oktober 2022 | 14:36 WIB
header img
Inilah 13 tokoh penting Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda 1928. Foto/youtube Indonesia Must be Strong.

10. Kasman Singodimedjo


Foto/Wikipedia

 

Kasman Singodimedjo lahir di Purworejo, Jawa Tengah, 25 Februari 1904. Dalam Kongres Pemuda II, dia terlibat sebagai wakil dari Jong Islamieten Bond. 

Setelah Indonesia merdeka, dia pernah menjabat sebagai jaksa agung periode 1945-1946 dan Menteri Muda Kehakiman Kabinet Amir Sjarifuddin II, serta Ketua KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat), cikal bakal DPR. Kasman Singodimedjo meninggal dunia pada 25 Oktober 1982 dan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 2018.

11. Mohammad Roem


Foto/Wikipedia

 

Lahir pada 16 Mei 1908 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Mohammad Roem merupakan aktivis pemuda sekaligus mahasiswa hukum. Selama masa kebangkitan nasional Indonesia, dia aktif di beberapa organisasi seperti Obligasi Jong Islamieten pada tahun 1924 dan Sarekat Islam pada tahun 1925. 

Pada masa kemerdekaan, Roem dikenal sebagai salah satu diplomat ulung Indonesia di meja perundingan melawan Belanda. Selama masa kepemimpinan Presiden Soekarno, Roem dipercaya menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri, Menteri Luar Negeri, dan Menteri Dalam Negeri.

12. Adnan Kapau Gani


Foto/Wikipedia

 

Pria bernama asli Adnan Kapau Gani ini merupakan aktivis pemuda kelahiran Palembang, Sumatra Selatan pada 1905 yang bergerak lewat Jong Sumatra Bond yang juga hadir dalam Kongres Pemuda II. 

Dikenal sebagai dokter, politisi, sekaligus tokoh militer Indonesia, Gani pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri pada Kabinet Amir Sjarifuddin I dan Kabinet Amir Sjarifuddin II. 

Setelah revolusi berakhir pada 1949, Gani menjadi Gubernur Militer Sumatera Selatan dan diangkat menjadi rektor Universitas Sriwijaya pada 1954. Gani wafat pada 23 Desember 1968. 

13. Sie Kong Liong


Foto/Wikipedia

 

Sie Kong Lian merupakan pemuda keturunan Tionghoa kelahiran 3 Januari 1878 yang menyediakan rumahnya di Jalan Kramat Raya 106 sebagai tempat Kongres Pemuda II. 

Setelah Atas prakarsa Soenario, rumah Sie Kong Liong dipugar Gubernur DKI Ali Sadikin dan ditetapkan menjadi Gedung Sumpah Pemuda dan berubah nama menjadi Museum Sumpah Pemuda.

Itulah 13 tokoh pemuda dibalik tonggak lahirnya Sumpah Pemuda yang setiap tanggal 28 Oktober diperingati oleh Bangsa Indonesia.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut