get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Air Sedunia, Ecoton Ajak Masyarakat Nonton Film Behind the Sachet

Samurai Maluku Utara dan Tim ESN Temukan Fakta Pencemaran di Perairan Ternate

Selasa, 25 Oktober 2022 | 15:24 WIB
header img
Samurai Maluku Utara dan tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) kembali menemukan fakta pencemaran di perairan Ternate. Foto/ESN for iNewsSurabaya.id

TERNATE, iNewsSurabaya.id - Solidaritas Aksi Mahasiswa Untuk Rakyat Indonesia (Samurai) Maluku Utara dan tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) kembali menemukan fakta pencemaran di perairan Ternate. Yakni berupa pencemaran Phospat, khlorin dan logam berat mangan.

Fakta pencemaran ditemukan setelah tim melakukan pengambilan sampel air di empat lokasi. Lokasi pertama di Perairan Kampung Makasar kelurahan kampung Makasar Timur kecamatan Ternate Tengah. Kedua di Kelurahan Soasio Kecamatan Ternate Utara. Selanjutnya di Ake Ga'ale Kelurahan Sangaji Ternate Utara, dan terakhir Kelurahan Dufa-dufa Ternate utara.

Koordinator Advokasi Samurai, Risman Adam menjelaskan, tidak adanya pengolahan limbah cair domestik di Kelurahan kota Ternate menyebabkan perairan di kota Ternate tercemar Phospat, khlorin dan logam berat mangan.

"Tim Samurai dan tim ESN telah menguji kualitas air dengan menggunakan alat portable dan mengukur 10 parameter kualitas air," ungkapnya, Selasa (25/10/2022).

BACA JUGA :

Parah, Kota Ternate Banjir Sampah Botol Plastik

Semenara itu Peneliti Tim Ekspedisi Nusantara (ESN) Prigi Arisandi mengatakan, bahwa paramater kualitas air yang melebihi baku mutu adalah phospat, dimana menurut baku mutu PP 22/2021 Kadar phospat tak boleh lebih dari  0,3 ppm.

"Namun di keempat lokasi rata-rata 1,6 ppm sedangkan lokasi yang paling tercemar adalah di Soasio dimana kadar Phospat 3,8 ppm." ungkapnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut