get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Air Sedunia, Ecoton Ajak Masyarakat Nonton Film Behind the Sachet

Pegiat Lingkungan Geram, Tumpahkan Sampah Botol Plastik Didepan Kantor Walikota Ternate

Rabu, 26 Oktober 2022 | 20:06 WIB
header img
Ratusan jenis sampah botol plastik ditumpahkan didepan kantor Walikota Ternate. Foto/Tangkapan Layar

Perairan Ternate Terkontaminasi Mikroplastik 

Sebelum aksi didepan kantor Walikota Ternate, Samurai Maluku Utara dan tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) menemukan bahwa perairan Kota Ternate telah terkontaminasi Mikroplastik.

Sepanjang laut kota Ternate terdapat sampah plastik yang tak terkelola, sehingga tercemar mikroplastik dan rata-rata terkontaminasi mikroplastik diperairan Ternate adalah 173,75 partikel mikroplastik dalam 100 liter air. 


Komunitas Samurai Maluku Utara sedang mengambil contoh air untuk diuji Kadar Mikroplastiknya. Lokasi di Kampung Makasar, Kota Ternate. Foto/ESN

 

Direktur Eksekutif Institut Pemulihan dan Perlindungan Sungai, Prigi Arisandi, mengungkapkan pihaknya telah mengambil sample air di empat lokasi yaitu di Dufa-dufa, kampong makasar, soasio, dan di ake ga’ale kel. Sanggaji. 

Dari situ, ditemukan kadar mikroplastik terbanyak adalah dipesisir Duda-dufa dekat dengan bandara dengan partikel mikroplastik sebanyak 301 dalam 100 liter air. 

Sedangkan lokasi yang paling sedikit kandungan mikroplastiknya adalah kampong makasar sebesar 88 partikel dalam 100 liter air.

"Jenis mikroplastik yang paling banyak ditemukan adalah jenis Fiber, sedangkan jenis lainnya yang ditemukan adalah frgmen, filament dan foam," ungkapnya.

Dari penelitian sebelumnya yang menunjukan bahwa ikan-ikan karang dikepulauan Ternate terkontaminasi mikroplastik. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut