get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Air Sedunia, Ecoton Ajak Masyarakat Nonton Film Behind the Sachet

Pegiat Lingkungan Geram, Tumpahkan Sampah Botol Plastik Didepan Kantor Walikota Ternate

Rabu, 26 Oktober 2022 | 20:06 WIB
header img
Ratusan jenis sampah botol plastik ditumpahkan didepan kantor Walikota Ternate. Foto/Tangkapan Layar

Penelitian yang diterbitkan “Jordan Journal Of Biological Sciences “ pada desember 2021 mengambil sample ikan diperairan kasturyan, kampong makasar, manga dua dan kalumata. Pengambilan sampel dilakukan pada agustus – September 2019.

Jenis ikan karang yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 220 ekor dengan rincian, kerapu macan 29 ekor, kerapu muara 36 ekor, baronang lingkis 47 ekor, ikan batu 27 ekor dan ikan kakatua 16 ekor. 

Hasil pengujian menunjukan 183 dari 220 ekor ikan tersebut tercemar mikroplastik. Total ada 594 partikel plastik ditemukan dalam sistem pencernaan ikan-ikan tersebut. 

Kandungan mikroplastik ini berupa 47,81 persen fragmen, 38,22 persen film, 2,69 foam, 2,36 persen Fiber, 7,41 persen line dan 1,52 persen pellet. 

Penelitian tentang kandungan mikroplastik dalam ikan di perairan Ternate dilakukan oleh Mimien Henie Irawati Al Muhdhar (Universitas Negeri Malang), I Wayan Sumberartha (Universitas Negeri Malang), Zainudin Hassan (University Technology Malaysia), Muhammad Shalahuddin Rahmansyah (Sekolah Tinggi Teknik Industri Turen Malang), dan M Nasir Tamalene (Universitas Khairun Ternate).

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut