get app
inews
Aa Read Next : Pasokan Listrik Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Kembali Pulih

Gunung Semeru Meletus, Penyelamatan Warga Harus Diutamakan

Sabtu, 04 Desember 2021 | 20:14 WIB
header img
Pemerintah segera melakukan tanggap darurat bersama instansi terkait, dan memprioritaskan penyelamatan warga. (Foto: Netizen)

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta agar pemerintah segera melakukan tanggap darurat bersama instansi terkait, dan memprioritaskan penyelamatan warga.

Pemerintah daerah agar mengoptimalkan koordinasi dengan BPBD, TNI/Polri dan berbagai lembaga/instansi lainnya.

“Utamakan penyelamatan warga terdampak gunung meletus, terutama untuk warga di sekitar Gunung Semeru yang terjebak di sekitar rumahnya dan belum berhasil menyelamatkan diri,” tegasnya.

“Kerahkan potensi-potensi tim SAR terdekat untuk membantu evakuasi warga. Hal ini harus menjadi prioritas mengingat warga yang tinggal di sekitar lereng Semeru tak membawa apa-apa saat berusaha menyelamatkan diri,” lanjut Puan.

Logistik hingga perlengkapan medis, kata dia, harus tersedia untuk warga korban letusan Semeru. Pemda pun diminta menyiapkan pengungsian yang nyaman bagi warga. Khususnya untuk balita, anak-anak, lansia, serta ibu hamil dan menyusui.

Menurut Mbak Puan, kondisi erupsi Gunung Semeru kali ini disebut lebih besar dibanding tahun 2020 lalu. Erupsi yang terjadi sore tadi menyebabkan warga merasakan hujan kerikil dan lumpur.

“Warga kami harap untuk selalu waspada dan selalu memperhatikan keselamatan diri serta keluarga. Jangan mendekati area-area yang membahayakan dan berisiko,” tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut