get app
inews
Aa Text
Read Next : XL Axiata Perbesar Manfaat Sisternet, Buka Kesempatan Kaum Hawa Ikuti Kompetisi Modal Pintar 2024

Gandeng Migrant CARE, Tokopedia dan Unilever Indonesia Berdayakan UMKM Perempuan

Kamis, 03 November 2022 | 20:42 WIB
header img
Tokopedia memberikan edukasi dasar seputar manfaat berjualan online. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNews.id - Tokopedia melalui Tokopedia Bersama (Beraksi untuk Sesama), berkomitmen untuk dapat menjembatani dan meningkatkan kepedulian sosial guna memaksimalkan kapasitas potensi dari kelompok masyarakat yang membutuhkan, termasuk perempuan.

Senior Lead Public Affairs Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengatakan, sebagai lanjutan dari program pemberdayaan perempuan antara Tokopedia dengan Migrant CARE, Tokopedia berkolaborasi bersama Unilever Indonesia untuk memberikan edukasi kepada kelompok Desa Peduli Buruh Migran (Desbumi) di Banyuwangi dan Jember.

"Program pembinaan perempuan purna migran ini merupakan wujud salah satu pilar di Tokopedia Bersama, yakni Pemberdayaan Perempuan," katanya.
 
Diikuti oleh 50 orang pelaku usaha perempuan lokal di bidang olahan makanan dan minuman, serta kerajinan, kegiatan ini diadakan secara tatap muka pada 26 Oktober 2022 (Banyuwangi) dan 27 Oktober 2022 (Jember).

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari penandatangan kerjasama Tokopedia dan Unilever Indonesia dalam rangkaian program B20 Indonesia Women in Business Action Council (B20 WiBAC) yang dilakukan pada Juli 2022 lalu.

Dalam kerjasama ini, Tokopedia dan Unilever Indonesia berkomitmen dalam melakukan perluasan akses informasi, pendampingan bisnis di era digital, dan pelatihan teknis kewirausahaan yang merupakan bagian dari kontribusi terhadap platform One Global Women Empowerment (OGWE), salah satu inisiatif dari B20 Presidensi Indonesia pada 2022.

Pada kegiatan ini, Tokopedia memberikan edukasi dasar seputar manfaat berjualan online, cara membuka toko di Tokopedia beserta tips membuat tampilan produk yang menarik seperti judul, foto, serta deskripsi produk.

“Harapan kami, melalui kegiatan ini kelompok UMKM perempuan dapat terus beradaptasi dan meningkatkan kapasitasnya dalam kegiatan ekonomi produktif baik secara individu maupun kolektif. Demi terwujudnya misi Tokopedia dalam mendorong pemerataan ekonomi secara digital,” jelas Aditia.

Equity, Diversity, and Inclusion Lead Unilever Indonesia Foundation, Marini Fabiano menambahkan, Tokopedia dan Unilever Indonesia memiliki visi yang selaras dengan B20 WiBAC untuk menciptakan kesempatan yang setara bagi pelaku usaha, khususnya bagi UMKM perempuan di seluruh Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, kami mendukung para pelaku usaha perempuan dengan memberikan pelatihan dalam membangun strategi pemasaran dan branding produk yang efektif. Diharapkan langkah ini dapat mendorong UMKM perempuan lebih tangguh dan produktif,” ucapnya.

Kolaborasi antara Tokopedia dan Migrant CARE ini telah terjalin sejak 2021 dan aktif melibatkan ratusan penerima manfaat yang tersebar di 10 desa di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Tokopedia memfasilitasi program dalam bentuk penyediaan alat produksi dan peralatan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan setiap kelompok usaha, serta pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi usaha kelompok perempuan purna migran di tengah pandemi.

Direktur Eksekutif Migrant CARE, Wahyu Susilo berharap, melalui kolaborasi ini kelompok UMKM perempuan purna migran dapat terus beradaptasi dan meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan bisnisnya secara online.

Sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas perempuan purna migran Desa Peduli Buruh Migran yang tangguh menjadi wirausahawan dan memiliki bekal kemampuan literasi digital dan pemasaran produk yang baik.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut