get app
inews
Aa Read Next : Aktivis Lingkungan Desak Konjen Jepang Hentikan Pengiriman Sampah Plastik ke Indonesia

Perairan kota Sorong Papua Barat Jadi Tempat Sampah

Selasa, 08 November 2022 | 18:26 WIB
header img
Sepanjang saluran air dan muara pantai Sorong penuh dengan sampah plastik. Foto/ESN for iNewsSurabaya

SORONG, iNewsSurabaya.id - Perairan kota Sorong Papua Barat jadi tempat sampah. Sepanjang saluran air dan muara pantai Sorong penuh dengan sampah plastik.

"Tidak ada pengelolaan sampah dan penyediaan sarana tempat sampah yang memadahi oleh Pemerintah sehingga masyarakat membuang sampahnya ke sungai atau di Bakar," ungkap Koordinator Komunitas Generasi Peduli Sungai Klamono (G-PSK), Dody Aleman Wamblesa.

Ironisnya, selain menjadi tempat sampah, hasil uji mikroplastik yang dilakukan oleh G-PSK berkolaborasi dengan Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) di Sungai Remu, Muara Sungai Remu Kota Sorong dan Sungai Klamono distrik Lasafet Kabupaten Sorong ditemukan kadar mikroplastik.

"Kami melakukan pengambilan sampel air sebanyak 50 liter di sungai Remu dan Klamono, setelah diamati dibawah mikroskop portable ditemukan kadar mikroplastik 100-103 partikel mikroplastik di sungai Remu Kota Sorong dan 4 partikel di sungai Klamono," ungkap Prigi Arisandi.

Lebih lanjut, peneliti ESN ini menjelaskan bahwa sungai Klamono dianggap masih bersih dari polusi mikroplastik dibandingkan sungai Remu.

"Indonesia memiliki roadmap pengurangan sampah plastik ke laut hingga 70% pada tahun 2038 namun hingga kini sampah-sampah dari sungai tak terkendali masuk ke perairan pesisir, belum ada upaya serius pemerintah daerah untuk ikut mengurangi volume sampah plastik yang masuk ke laut," terangnya.

Fellow Ashoka ini menjelaskan, bahwa sebagian besar jenis mikroplastik yang mencemari perairan sorong adalah jenis fiber yang berasal dari limbah cair domestik.

Dampak kontaminasi mikroplastik ini selain ancam ekosistem perairan dan keanekaragaman hayati laut juga menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat Sorong yang kerap mengkonsumsi ikan. 

"Karena bentuk mikroplastik sama dengan plankton maka, ikan menganggap mikroplastik adalah makanan, maka semakin banyak sampah plastik masuk ke laut semakin besar terbentuknya mikroplastik dan makin besar peluang ikan makan plastik," pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut