Logo Network
Network

Pipa PDAM Putus, 1200 Warga Kabupaten Kediri Krisis Air Bersih ​​​​​​​

Bagas Setiawan
.
Selasa, 07 Desember 2021 | 17:22 WIB
Pipa PDAM Putus, 1200 Warga Kabupaten Kediri Krisis Air Bersih  ​​​​​​​
Krisis air bersih terjadi di Kabupaten Kediri, sekitar 1200 KK di Dusun Mulyorejo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri krisis air bersih.(Foto : iNewsSurabaya/bagas)

KEDIRI, iNews.idKrisis air bersih terjadi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Sekitar 1200 kepala keluarga (KK) di Dusun Mulyorejo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri kekurangan air bersih.

Kabar ini sangat mengejutkan, apalagi saat ini musim hujan di wilayah Indonesia. Namun faktanya, 1200 KK kekurangan air bersih, dari jumlah tersebut setiap KK membutuhkan 500 liter untuk kebutuhan hidup. Beruntung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri bergerak cepat. Mereka setiap bulan menyuplai air bersih ke Dusun Mulyorejo ini.

Warga sangat berharap Pemkab Kediri melakukan perbaikan pipa yang mengalirkan air bersih dari sumber mata air ke warga. Pipa air yang rusak ini berada di lereng bukit Kelud, akibat terjangan banjir paska hujan deras.

Untung  Mulyorejo mengatakan, Pemkab harus melakukan perbaikan dengan cepat, supaya masyarakat tidak kekurangan. “Ada baiknya pipa yang rusak segera diperbaiki. Saya kira memang cukup panjang pipa air tersebut yang mengalirkan air ke warga setiap harinya,” jelasnya.

Ditambahkan Untung, warga mengapresiasi suplai air bersih oleh petugas BPBD Kabupaten Kediri. Namun perbaikan pipa diutamakan akan lebih baik lagi dan perlu diteliti lebih jauh penyebab kerusakan pipa.

“Kalau warga yang punya pompa air tidak masalah namun masih butuh suplai air juga karena penting. Kebutuhan air warga setiap harinya tinggi dan untuk mandi tidak lagi mengandalkan air hujan,” paparnya.

Untuk kebutuhan masak dan kebutuhan dapur, sebanayk 1000 KK lebih ini bisa mengandalkan air suplai namun untuk kebutuhan lainya terbatas. Berbeda dengan air yang sudah ada kebutuhan kapanpun akan bisa tercukupi.

Sementara itu, Johan Marsa Ponda Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kediri menjelaskan akan menindaklanjuti keluhan warga terkait pipa penyalur air bersih ke warga di Dusun Mulyorejo Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar.

“Kami akan berkoordinasi dengan Pemkab Kediri menanggapi keluhan warga ini untuk lakukan perbaikan di pipa air yang rusak ini secepatnya,” ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.