get app
inews
Aa Read Next : Langkah Ambisius PSSI, Datangkan Tim-Tim Elit Eropa, Timnas Portugal Jadi Target Utama, Kenapa?

Menang Lawan Kamboja, Belakang Timnas Indonesia Perlu Kewaspadaan

Jum'at, 10 Desember 2021 | 06:48 WIB
header img
Timnas Indonesia memulai pertualangan pertamanya Piala AFF 2020 Grup B menghadapi Kamboja dengan kemenangan meyakinkan 4-2.(Foto : iNewsSurabaya/SINDOnews)

SURABAYA, iNews.idTimnas Indonesia memulai pertualangan pertamanya Piala AFF 2020 Grup B menghadapi Kamboja dengan kemenangan meyakinkan 4-2. Namun barisan belakang Timnas Indonesia perlu meningkatkan kewaspadaan karena kebobolan 2 gol.

Bermain di Stadion Bisnan, Singapura, Kamis (9-12-2021). Evan Dimas dkk berhasil menang menyakinkan atas anak asuh Keisuke Honda dengan skor 4-2. Empat gol Skuad Garuda di ciptakan Rachmat Irianto di menit ke-4 dan 33, Evan Dimas menit ke-17 di tutup gol dari Rumakiek di menit ke-54. Sedangkan dual gol Kamboja diciptakan oleh S. Yue menit ke-37 dan Prak Mony menit ke-60.

Jalannya pertandingan

Babak pertama, Timnas Indonesia langsung bermain menekan di menit-menit awal babak pertama. Menit ke-4 Skuad Garuda berhasil unggul 1-0 setelah sundulan Rachmat Irianto berhasil mengoyak jala gawang Kamboja memanfaatkan sepak pojok Evan Dimas. Unggul satu gol membuat pasukan Merah-Putih terus melancarkan serangan ke pertahanan Kamboja.

Menit ke-16 Witan Sulaiman mendapat peluang, Irfan jaya mengirim umpan silang  di depan gawang berhasil di sontek Witan Namun sayang Sontekannya mengenai pemain belakang Kamboja. Dua menit kemudian Timnas Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 setelah sang Kapten Evan Dimas berhasil menjebol gawang Kamboja di menit 18. Umpan panjang Dewangga berhasil di terima dengan baik oleh Evan dengan sedikit Gocek dan di akhiri tendangan kaki kanan meluncur mulus di sisi kanan Gawang Kamboja.

Tersenggat dengan ketinggalan 2-0 Kamboja berrusaha bangkit dan keluar dari tekanan Indonesia. Pertandingan semakin  menarik dan seru, kedua tim mulai melakukan jual beli serangan sejak skor 2-0.

Namun peluang di dapat timnas Indonesia di menit ke-20 melalui Ezra Walian namun tendangan nya melenceng tipis di sisi gawang Kamboja. Kamboja nampak kesulitan menembus barisan pertahanan Timnas Indonesia. Serangan Kamboja selalu patah di sepertiga lapangan.

Menit ke-28 Indah kembali mendapat peluang kali ini Tenda Ricky Kambuaya yang melenceng dari gawang Kamboja. Menit ke-31 Indonesia berhasil memperbesar keunggulan melalui Gol kedua Rachmat Irianto. Proses golnya hampir sama seperti gol pertama. Sundulan  Rachmat berhasil merobek jala gawang Kamboja memanfaatkan sepak pojok Pranata Arhan. Skor berubah menjadi 3-0 untuk Indonesia.

Unggul 3-0 skuad Garuda mulai sedikit longgar dan itu bisa di manfaatkan pemain Kamboja. Di menit ke 37 Kamboja berhasil menipiskan kedudukan menjadi 3-1 melalui S. Yeu dan menutup babak pertama dengan skor 3-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Babak kedua, tidak ingin kecolongan lagi timnas Indonesia langsung menggempur pertahanan Kamboja guna memperlebar keunggulan. Usaha tersebut berbuah hasil setelah di menit ke-54 pemain pengganti Ramai Rumakiek berhasil mencetak gol bagi Indonesia dan memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 4-1.
 
Sayang, di menit ke-60 Indonesia kembali harus kebobolan melalui gol Prak Mony dan merubah kedudukan menjadi 4-2. Di sisa waktu yang ada Indonesia mengurung pertahanan Kamboja. Namun sayang sampai usai babak kedua tidak ada tambahan gol tercipta. Skor 4-2 bertahan untuk kemenangan Indonesia atas Kamboja.

Dengan kemenangan tersebut Evan Dimas dkk berhasil menggeser Vietnam di posisi kedua dengan 3 poin. Posisi puncak klasemen di tempati Malaysia dengan 6 poin hasil dua kali menang.

Susunan Pemain

Indonesia (4-1-4-1) : Syahrul T. Fadillah; Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Ryuji Utomo, Asnawi Mangkualam; Alfeandra Dewangga; Ezra Walian, Ricky Kabuaya, Witan Sulaeman, Evan Dimas; Irfan Jaya

Kamboja (4-3-3) : Hul Kimhuy; Sath Rosib, Sambath Tes, Yue Safy, Sareth Krya; Min Ratanak, Choun Chancav, Nhean Sosidan; Lim Pisoth, Keo Sokpheng, Siang Chanthea.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut