get app
inews
Aa Read Next : Buka Showroom Baru di Surabaya, Daikin Airconditioning Indonesia Perluas Pemasaran AC Home Central

Perkuat Pasar Indonesia, Daikin Dirikan Pabrik di Bekasi Senilai Rp3,3 Triliun

Minggu, 04 Desember 2022 | 13:41 WIB
header img
Ground Breaking pabrik AC Daikin di kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang. Foto: MPI/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Daikin Industries Indonesia produsen Air Conditioner (AC) merealisasikan investasinya dengan memulai pembangunan fasilitas produksi pendingin ruangan senilai Rp3,3 triliun. 

Menempati lahan seluas 204,000 meter persegi pada kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, pabrik AC Daikin ini dirancang memiliki kapasitas produksi penuh mencapai 1,5 juta unit pada setiap tahunnya. 

Seturut dengan rencana besarnya, pembangunan fase pertama fasilitas produksi ini bakal mencapai luas 51,000 meter persegi. Dijadwalkan memulai produksi perdananya pada Desember 2024 mendatang, produksi tahun pertama pabrik Daikin ini akan ada di kisaran 500.000 unit. 

“Keberadaannya menjadi bagian strategi kami mengukuhkan posisi sebagai pemimpin pasar AC di Indonesia yang bakal mengalami peningkatan signifikan pada permintaan AC untuk hunian kedepannya,” ujar Member of The Board and Senior Executive Officer Daikin Industries Limited, Yoshihiro Mineno, Minggu (4/12/2022).

Pernyataan ini merujuk pada keberadaan Indonesia yang memiliki populasi terbesar ke-lima di dunia dengan 270 juta jiwa dan diperkirakan bakal mencapai 300 juta pada tahun 2030. 

Dengan rencana Indonesia berinvestasi di berbagai bidang termasuk infrastruktur, Daikin melihat Indonesia tengah memperkuat visi menjadi negara terbesar kelima dalam Pendapatan Domestik Bruto pada 2045 nanti. 

"Perkiraan pertumbuhan ekonomi yang dipicu kenaikan masyarakat dengan tingkat penghasilan menengah inilah yang diprediksi akan meningkatkan permintaan AC bagi kebutuhan hunian," kata Yoshihiro.

Di Indonesia sendiri, Daikin terhitung telah beroperasi sepanjang 52 tahun dengan menggandeng PT. Imora Makmur dan PT. Budiman Kencana Lestari sebagai mitranya. 

Untuk mendukung operasionalnya, Daikin memiliki tiga belas kantor cabang dengan kantor pusat berada di Jakarta yang menangani pemasaran dan layanan purna jual. Dengan jaringan distribusi di berbagai daerah di Indonesia, Daikin tercatat sebagai pemimpin pasar AC hunian dalam negeri dengan penguasaan mencapai 35,5%. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut