get app
inews
Aa Read Next : Jalan Utama Surabaya Macet, Konvoi Peringatan Hari Buruh May Day

Mengenal Sejarah Daerah Kya-Kya, Destinasi Ikonik Kota Surabaya

Kamis, 15 Desember 2022 | 17:12 WIB
header img
Kya-kya menjadi kawasan yang populer di Kota Surabaya. Foto Okezone

SURABAYA, iNewsSurabaya.id –  Kota Surabaya memiliki beragam tempat ikonik, salah satunya adalah daerah Kya-Kya yang merupakan tempat dimana orang-orang berjualan aneka makanan, aksesoris, dan lain lain. Nama Kya-Kya juga memiliki arti yaitu jalan-jalan.

Kya-Kya ini berada di Jalan Kembang Jepun, Surabaya. Dulu Kembang Jepun menjadi pusat perdagangan yang ada di Surabaya. Posisi Kembang Jepun juga dilintasi oleh kalimas, di dekat Kembang Jepun terdapat jembatan Merah yang menghubungkan Kembang Jepun dengan jalan Rajawali.

Pada zaman kolonial, bangsa belanda menjadikan Kya-Kya sebagai sentra perdagangan dan sebagai pembatas wilayah. Belanda dibagian barat, Cina dibagian selatan, dan Arab-Melayu dibagian utara. Di dekat Kya-Kya juga terdapat gedung Internatio. Gedung yang dulunya dipakai oleh pemerintahan Inggris yang berada dibawah pemerintahan Gubernur Jendral Daendels. Gedung itu menjadi wujud supremasi bangsa eropa yang menjajah Hindia Belanda.

Nama Kembang Jepun lebih kenal pada saat jaman penjajahan Jepang, ketika Jepang menduduki kota Surabaya pada saat perang pasifik. Sebelum bernama jalan Kembang Jepun, jalan tersebut bernama Handelstraat, Handelstraat memiliki arti yaitu jalan perdagangan. Nama yang sesuai dengan kawasan yang menjadi jalannya pusat perdagangan bangsa Eropa.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut