get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Umat Hindu Jatim Hadiri Perayaan Dharma Santi 2024 di Taman Candra Wilwatikta

Eri Cahyadi Gagas Bentuk Asosiasi Kepala Daerah di Jatim

Selasa, 14 Desember 2021 | 21:12 WIB
header img
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi berencana membentuk asosiasi Kepala Daerah di Provinsi Jawa Timur.(Foto : iNewsSurabaya/trisna)

SURABAYA, iNews.id - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi berencana membentuk asosiasi Kepala Daerah di Provinsi Jawa Timur. Kebutuhan kemudahan sinergitas dan kolaborasi diantara kepala daerah di Jatim menjadi dasar inisiatif ini. 

"Kalau di tingkat Nasional ada APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), tingkat kabupaten ada APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia). Tapi di Jatim ingin menjadi satu, wali kota dan bupati menjadi satu bagian," kata Wali Kota Eri, usai menerima penghargaan Penanganan Covid-19 Terbaik di Kota Mojokerto, Selasa (14/12/2021).

Untuk mewujudkan hal itu, formula kolaborasi dan kerjasama perlu dibuat. Sehingga Wali Kota Eri berencana mengundang Kapolrestabes bersama Forkopimda antar Pemerintah Daerah (Pemda) di Jawa Timur untuk membicarakan hal itu. 

"Bagaimana mengkolaborasikan antara Forkopimda dengan Pemerintah Daerah yang bisa menjadi satu untuk bekerjasama dengan Pemerintah Daerah lainnya. Insya Allah ini baru pertama kali dan Bu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) menyampaikan itu," terang dia.

Rencana tersebut, rupanya juga sudah disetujui oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Menurut Khofifah, Kota Surabaya dapat dijadikan koordinator antar Pemda di seluruh Jatim lantaran kerap membantu Pemda lainnya. 

"Di antara Bupati dan Walikota ada kepala suku. Dan kepala sukunya adalah Wali Kota Eri, karena beliau mensupport (mendukung) beberapa daerah lainnya," ungkap Khofifah.

Khofifah juga mengatakan, bahwa Kota Surabaya di bawah kepemimpinan Eri Cahyadi cukup tanggap dalam membantu Pemda lain di Jatim. Seperti diantaranya menerjunkan jajarannya untuk membantu mengejar capaian vaksinasi di wilayah aglomerasi.

"Kemarin beliau juga mengirim bantuan ke Semeru, saya melihat beliau memiliki keikhlasan luar biasa untuk saling tolong-menolong dan saling meringankan beban satu daerah dengan daerah yang lain, matur nuwun (terima kasih) Bapak Wali Kota Surabaya," ujar dia.

Gagasan Eri juga diterima Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari. Ia mengungkapkan, bahwa gagasan Asosiasi Kepala Daerah se Jawa Timur merupakan hal yang luar biasa untuk kemajuan Jawa Timur kedepan. 

"Ketua kelas untuk daerah Jawa Timur, ada Mas Wali Kota Surabaya (Eri Cahyadi). Beliau tadi berbisik untuk menggagas Asosiasi Kepala Daerah seluruh Jawa Timur dan ini luar biasa," pungkasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut