get app
inews
Aa Read Next : Bersama Presiden dan Jajaran Menteri, Hendy Setiono Serahkan Zakat ke Baznas di Istana Negara

Negara Indonesia Pernah Memiliki 2 Presiden Yang Terlupakan, Siapakah Dia?

Rabu, 04 Januari 2023 | 23:24 WIB
header img
Indonesia pernah memiliki 2 presiden terlupakan, Siapakah Dia?. Foto Okezone

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Dalam pelajaran yang diajarkan di sekolah, Negara Indoensia memiliki 7 presiden, yaitu Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati SoekarnoPutri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo sebagai presiden negara Indonesia.

Namun tahukah kalian Dalam sejarah negara Indonesia pernah tercatat 2 nama presiden yang terlupakan, yaitu Syafriddin Prawiranegara dan Mr Assat, siapakah mereka?

Dilansir dari Okezone nama Syafriddin Prawiranegara adalah pejuang yang pernah diperintahkan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta untuk membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia atau yang lebih disingkat sebagai PDRI.

Pada saat Belanda melakukan agresi militer II mereka menangkap Soekarno dan Mohammad Hatta, lalu diasingkan ke pulau Bangka pada tahun 1948.

Sebelumnya Hatta telah menduga, bahwa dirinya dan Soekarno akan ditangkap Belanda. Mengetahui hal itu mereka memberikan mandat kepada seseorang bernama Syafriddin Prawiranegara untuk mengisi kekosongan kekeuasaan.

Syafriddin Prawiranegara yang pada saat itu berada di Bukit Tinggi berinisiatif untuk mengambil alih kekosongan jabatan kekuasaan pada (19/12/1948). Syafriddin yang bersama Gubernur Sumatera, TM Hasan, akhirnya memutuskan untuk membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Demi menyelamatkan Indonesia yang pada saat itu dalam keadaan berbahaya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut