get app
inews
Aa Read Next : Seminar Nasional di Universitas Surabaya, Mengurai Sengketa Tanah untuk Mencari Solusi Bersama

Ubaya Jadi Tuan Rumah Pameran Karya Mahasiswa Desain Produk Nasional

Senin, 20 Desember 2021 | 16:15 WIB
header img
Pameran yang digelar secara virtual diikuti oleh puluhan mahasiswa dari 21 universitas terkemuka yang tergabung dalam Forum Program Studi Desain Produk Indonesia, Senin (20/12/2021). (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id – Fakultas Industri Kreatif (FIK) Universitas Surabaya (UBAYA) menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran karya mahasiswa program studi desain produk se-Indonesia. 

Kali ini FIK UBAYA bekerja sama dengan Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) menyelenggarakan Indonesia Industrial Design Student Award Ke-2 (IIDSA 2) dan dilanjutkan PARTY Volume 6 by FIK UBAYA. 

Pameran yang digelar secara virtual diikuti oleh puluhan mahasiswa dari 21 universitas terkemuka yang tergabung dalam Forum Program Studi Desain Produk Indonesia, Senin (20/12/2021). 

PARTY singkatan dari Performance Art by Youth yang merupakan acara rutin untuk menjadi wadah menampilkan hasil karya desain produk mahasiswa FIK UBAYA kepada masyarakat. 

Tahun ini PARTY Volume 6 mengusung tema “Ruang Meraki” yang terdiri dari kata ruang dan meraki. Ruang memiliki arti rongga yang tidak terbatas. 

Sedangkan meraki dalam bahasa Yunani berarti melakukan sesuatu dengan jiwa, kreativitas dan cinta. Jadi Ruang Meraki dapat dimaknai sebagai sebuah ruang untuk melakukan dan menghasilkan suatu karya.

Dosen FIK UBAYA sekaligus penanggung jawab acara, Hairunnas, megakui bahwa PARTY Volume 6 terasa istimewa karena FIK UBAYA mendapat kepercayaan dan kesempatan menjadi host dalam penyelenggaraan IIDSA 2. 

IIDSA, kata dia, adalah kompetisi sekaligus penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa desain produk Indonesia oleh Forum Program Studi Desain Produk Indonesia, Asosiasi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII). 

Penyelenggaraan ini bertujuan untuk memperkenalkan bidang ilmu desain produk kepada masyarakat luas. 

"Selain itu, PARTY akan menghubungkan mahasiswa program studi desain produk se-Indonesia dan menjadi medium bagi mahasiswa untuk mendapatkan kritik sekaligus apresiasi karya yang telah mereka telurkan,” katanya, Senin (20/12).

Hairunnas memaparkan, terdapat puluhan karya mahasiswa dari 21 universitas yang tergabung dalam Forum Program Studi Desain Produk Indonesia, termasuk karya mahasiswa FIK UBAYA. 

"Setelah terselenggaranya acara ini, FIK UBAYA secara khusus berharap bisa berkontribusi dan mempercepat lompatan inovasi desain produk nasional. Acara ini juga diharapkan berdampak positif untuk meningkatkan inovasi yang dihasilkan mahasiswa desain produk di Indonesia,” terangnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut