get app
inews
Aa Read Next : Pasokan Listrik Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Kembali Pulih

Peringatan! Gunung Semeru Alami 34 Letusan, Warga Sekitar dan Wisatawan Diminta Waspada

Minggu, 29 Januari 2023 | 13:19 WIB
header img
Gunung Semeru Alami 34 Letusan, Warga Sekitar dan Wisatawan Diminta Waspada karena dikhawatirkan akan ada pening katakan aktivitas. Foto Okezone

LUMAJANG, iNewsSurabaya.id – Peringatan keras bagi warga sekitar Gunung Semeru. Gunung yang berada di Lumajang, Jawa Timur itu mengalami 34 letusan dalam rentang waktu 12 jam, pada Sabtu (28/1/2023). Kondisi ini menjadi perhatian bagi warga sekitar maupun wisatawan

Selain itu, Gunung Semeru juga mengalami 10 kali guguran lava pijar hingga 1.000 meter ke arah tenggara. Kejadian ini di mulai pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB, pos pengamatan gunung api semeru mencatat 10 kali guguran lava pijar dan 34 kali letusan.

Aktivitas kegempaan juga terpantau seismograf pos PGA Semeru dengan 2 kali gempa hembusan dengan amplitudo maksimal 7 sampai 8 milimeter dan 4 kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo maksimal 10-28 milimeter.

BPBD Lumajang terus mengimbau warga khususnya yang berada di kaki Gunung Semeru untuk tetap waspada. Hal ini mengingat aktivitas vulkanik Gunung Semeru masih fluktuatif.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut