get app
inews
Aa Read Next : Pasokan Listrik Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Kembali Pulih

Unitomo Kerahkan Tim Dampingi Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 21 Desember 2021 | 20:10 WIB
header img
Rektor Unitomo, Siti Marwiyah, menghibur anak-anak pengungsi Gunung Semeru. (Foto: Humas Unitomo)

LUMAJANG, iNews.id - Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya mengerahkan tim ke posko pengungsian Erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Selain menyalurkan donasi, tim juga memberikan trauma healing bagi anak-anak di posko pengungsian.

Rektor Unitomo, Siti Marwiyah, menuturkan donasi sebesar Rp. 32.777.000 yang diserahkan tersebut merupakan hasil penggalangan dana dalam beberapa hari pasca erupsi Semeru. 

Seperti diketahui, kawasan kaki Gunung Semeru Lumajang merupakan wilayah yang rawan bencana. Lokasi ini bisa dijadikan lokasi penelitian dan pengabdian bagi perguruan tinggi.

Untuk itu, Unitomo bersinergi dengan Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur serta unsur Organisasi Mahasiswa (Ormawa) untuk melanjutkan pengabdian diwilayah tersebut.

Adik Bungsu Menkopolhukan Mahfud MD ini menjelaskan, kedepan Unitomo bersama Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) bakal melakukan edukasi terkait mitigasi bencana. 

"Kami akan susun poin-poin kerja sama yang arahnya menjadikan beberapa desa di Lumajang menjadi desa binaan yang akan kami berikan mengenai edukasi mitigasi bencana," kata dia.

Tidak berhenti disitu, Iyat mengungkapkan bahwa pihaknya bersama BPBD Provinsi Jatim bakal berkonsentrasi melakukan pendampingan dan pengembangan ekonomi kreatif. Mengingat, Unitomo sendiri sudah memiliki Pusat Studi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

"Tentu akan sangat baik bila disinergikan," imbuhnya.

Sekretaris BPBD Provinsi Jawa Timur, Erwin Indra Widjaja, mendukung keterlibatan Unitomo dalam penagananan bencana. Apalagi jika Unitomo mengerahkan program Kuliah Kerja Nyata Tematik Bencana di kawasan Semeru. 

"Kami dari BPBD sudah sering bekerja sama dengan Unitomo dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Bencana. Tentu kami mendukung inovasi-inovasi lainnya dari Unitomo dalam hal kebencanaan. Terlebih akan disinergikan juga dengan Pusparekraf, ini sangat menarik," ujarnya.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut