get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Pelajar Surabaya di Bawah Umur Dilarang Bawa Motor, Pemkot Sediakan Bus Gratis Antar-Jemput Sekolah

Jum'at, 03 Februari 2023 | 17:16 WIB
header img
Pelajar di Surabaya yang masih dibawah umur dilarang membawa motor. Pemkot telah menyediakan bus gratis khusus siswa. Foto iNewsSurabaya/ist

Tandjung mengatakan, siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) bisa memanfaatkan layanan Bus Sekolah tanpa dipungut biaya atau gratis. Mereka bisa melakukan pendaftaran sebagai peserta Bus Sekolah di kantor Park and Ride Lantai 2, di Jalan Mayjend Sungkono No. 12 Kota Surabaya dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK), pas foto 4x6, fotokopi Kartu Pelajar untuk mendapatkan Kartu Bus Sekolah.

“Penyediaan angkutan transportasi bagi pelajar adalah Bus Sekolah. Dishub sudah menyediakan lima titik kumpul keberangkatan yang ada di Surabaya. Titik tersebut ada di setiap wilayah Surabaya menuju ke arah tengah kota di Jalan Wijaya Kusuma,” ujarnya.

Titik kumpul keberangkatan tersebut diantaranya, Kantor Kecamatan Rungkut, kantor Dishub Kota Surabaya, Kantor Kecamatan Tandes, Romokalisari, dan Tambak Sarioso. “Lalu dari Tambak Sarioso ke rusun dan akses keluarnya banyak pelajar disitu kemudian satu lagi dari Tambak Osowilangun ke arah tengah kota,” ujarnya.

Terpisah, Shofi Salsabila Putri, siswa SMA Negeri 2 Kota Surabaya ini mengaku telah memanfaatkan layanan Bus Sekolah milik Pemkot Surabaya sejak awal semester. Sebab, jarak antar rumah dan sekolahnya cukup jauh, maka ia memilih memanfaatkan Bus Sekolah dengan jam keberangkatan dan penjemputan yang tepat waktu.

“Senang sekali dengan fasilitas Bus Sekolah karena sangat membantu para pelajar yang rumahnya jauh dari sekolah. Kebetulan rumah saya jauh dari sekolah, jadi sangat membantu. Yang bikin asik, karena driver ramah dan Bus juga aman. Ada absen juga untuk pelajar dan saya bisa bertemu teman-teman baru dari sekolah lainnya,” kata siswa kelas X ini.

Karenanya, ia mengajak para pelajar lainnya di Kota Pahlawan untuk bisa memanfaatkan fasilitas transportasi milik Pemkot Surabaya itu. “Buat teman-teman yang bingung untuk berangkat dan pulang sekolah atau yang orang tuanya sibuk dan rumahnya jauh dari sekolah, bisa ikut bergabung untuk naik Bus Sekolah yang disediakan oleh Pemkot Surabaya dan ini gratis,” ajaknya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut