get app
inews
Aa Read Next : Festival Peneleh, Upaya Hidupkan Sejarah Majapahit hingga Pahlawan Perjuangan yang Mulai Luntur

Perjalanan Asmara Sembilan Istri Sang Proklamator RI

Rabu, 22 Desember 2021 | 10:53 WIB
header img
Selama hidupnya Bung Karno tercatat memiliki sembilan orang istri setiap kisah cintanya tentu memiliki keunikan sendiri. (Foto : iNewsSurabaya/tangkap layar)

Fatmawati istri ke-3 Soekarno
Fatmawati memiliki nama asli Fatimah. Wanita kelahiran 5 Februari 1923 ini bertemu dengan Sukarno pada waktu Soekarno mengalami masa pembuangan di Bengkulu. Menurut Wikipedia gadis ini merupakan anak tokoh Muhammadiyah di Bengkulu yang bernama Hasan Din. Soekarno berusia 42 tahun dan Fatmawati berusia 20 tahun, beliau lah yang menjahit Bendera Pusaka Merah Putih. Dari Fatmawati Soekarno mendapatkan 5 orang antara lain yaitu: Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra. Setelah usia pernikahan mereka berjalan 12 tahun yaitu 2 hari setelah Fatmawati melahirkan Guruh Soekarnoputra, Sorkarno meminta izin untuk menikahi Hartini dan hal itu membuat Fatmawti sakit hati. Dia kemudian pergi menemui Inggit dan meminta maaf karena telah merebut Soekarno darinya. Dia bahkan mencium kaki Inggit sambil menangis, Inggit pun membalas dengan pelukan dan tangis haru pada waktu itu.

Hartini istri ke-4 Soekarno
Pernikahan Soekarno dengan Hartini diawali pertemuan di Candi Prambanan Jawa Tengah pada saat Soekarno sedang ada kunjungan kerja. Pada saat dipinang oleh Soekarno status Hartini adalah seorang janda dengan 5 orang anak. Mereka akhirnya menikah dan kala itu Hartini berusia 29 tahun. Karena saat itu Fatmawati telah dikenal luas sebagai Ibu Negara, Hartini banyak mendapat kritikan dari berbagai pihak dan aktifis yang lebih membela Fatmawati. Pernikahannya pun harus dibayar mahal dan tentunya nama baik yang tercoreng. Pernikahan Soekarno dengan Hartini dikaruniai 2 orang yaitu yang bernama Taufan Soekarnoputra dan Bayu Soekarnoputra. Hartini terus mendampingi Soekarno baik dalam keadaan suka dan duka bahkan dia mengetahui meskipun saat bersamanya Soekarno masih banyak mendekati wanita lain. Hartini berhasil mempertahankan pernikahannya dengan Soekarno karena dengan Hartini lah Soekarno menghembuskan nafas terakhirnya yaitu pada tanggal 21 Juni 1970.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut