get app
inews
Aa Read Next : Festival Peneleh, Upaya Hidupkan Sejarah Majapahit hingga Pahlawan Perjuangan yang Mulai Luntur

Perjalanan Asmara Sembilan Istri Sang Proklamator RI

Rabu, 22 Desember 2021 | 10:53 WIB
header img
Selama hidupnya Bung Karno tercatat memiliki sembilan orang istri setiap kisah cintanya tentu memiliki keunikan sendiri. (Foto : iNewsSurabaya/tangkap layar)

Kartini Manopo istri ke-8 Soekarno
Kartini Manopo dinikahi Soekarno pada tahun 1959. Bung Karno jatuh cinta pada Kartini pada saat melihat lukisan yang objek lukisan tersebut adalah Kartini yang sempat menjadi pramugari Garuda Indonesia. Kartini berasal dari daerah Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, yang berasal dari keluarga yang terdidik dan terhormat. Hal tersebut memutup rapat-rapat pernikahannya dengan Soekarno. Bung Karno dan Kartini dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Totok Suryawan Soekarnoputra, yang lahir pada tahun 1967.

Heldy Djafar istri ke-9 Soekarno
Gadis kelahiran Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Masih berusia 18 tahun ketika Soekarno menikahinya, sementara Soekarno telah berusia 65 tahun. Pernikahan mereka hanya bertahan beberapa tahun, Heldy sempat meminta cerai karena situasi Indonesia dan posisi politik Bung Karno makin tidak menentu. Namung Bung Karno bersikeras dan hanya maut saja yang bisa memisahkan mereka. Akhirnya Heldy yang kala itu berusia 21 tahun menikah lagi dengan Gusti Suriansyah Noor, laki-laki keturunan Kerajaan Banjar.

Demikianlah beberapa kisah cinta dari Sang Proklamator. Dari berbagai kisah cinta tersebut bertahan berpuluh-puluh tahun hingga akhir hayat. Namun beberapa lainnya hanya seumur jagung. Hingga saat ini masih banyak teori dan gosip berapa jumlah istri Bung Karno, namun sepanjang yang dicatat oleh sejarah hanya 9 wanita inilah yang telah mengisi hidup Sang Putera Fajar. Inilah sekelumit perjalanan kisah cinta Bung Karno dengan 9 istrinya dan 7 diantaranya telah diceraikan

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut