get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Catat, Ini Kunci Sukses Kemenkumham Lakukan Reformasi Birokrasi

Selasa, 28 Februari 2023 | 17:13 WIB
header img
Kunci Sukses Kemenkumham Lakukan Reformasi Birokrasi terletak pada komitmen bersama. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Kunci keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) adalah komitmen dan dukungan dari seluruh pegawai. Hal itu diungkapkan Staf Khusus Bidang Pengamanan Dan Intelijen Krismono saat memberi penguatan pada Selasa (28/02) di Kanwil Kemenkumham Jatim. 

Kegiatan yang digelar di Ruang Raden Wijaya tersebut dihadiri Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari, para Pimti Pratama dan seluruh pegawai kantor wilayah. Stafsus menyampaikan bahwa komitmen menjadi kunci dalam pelaksanaan RB. 

“Komitmen adalah sebuah janji yang harus ditepati,” tandasnya. 

Apalagi, lanjutnya, diawal tahun sudah di deklarasikan janji kinerja dan pakta integritas maka sudah sepatutnya semua memahami apa isi komitmen yang sudah disepakati bersama. Setelah komitmen, berikutnya adalah menyusun strategi dan implementasi di lapangan. 

Prinsip-prinsip pelayanan prima yang tertuang di dalam Keputusan Menpan No 63 Tahun 2003 juga menjadi bahasan yang disampaikan oleh Krismono. prinsip tersebut antara lain Kesederhanaan, Kejelasan, Kepastian Waktu Pelaksanaan, akurasi dan keamanan. ”Selain itu ada tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan serta keramahan dan kenyamanan,” urainya. 

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah terkait dengan Leadership. Menurutnya filosofi catur sangat tepat dianalogikan dengan prinsip permainan catur dan proses kepemimpinan di dalam organisasi. ”Filosofi catur adalah dengan strategi yang matang pasti akan mendapatkan kemenangan” tuturnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut