get app
inews
Aa Read Next : Sukses Digelar, PLN Mobile Color Run 2024 Diikuti 1.500 Pelari

Dosen UHW Perbanas Dampingi Pelaku UMKM, Buka Jalan Akses Permodalan

Jum'at, 03 Maret 2023 | 08:43 WIB
header img
UHW Perbanas memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap permasalahan UMKM. Foto/Humas UHW Perbanas

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dosen Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas Surabaya melalukan pendampingan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pendampingan tersebut untuk mendorong UMKM bangkit.

Selain memberi pelatihan dan pendampingan UMKM Kota Surabaya, dosen UHW Perbanas juga mengajarkan cara menyusun proposal agar bisa membuka akses permodalan.

Ketua Tim Dosen Pengabdian Masyarakat UHW Perbanas, Chitra Laksmi Ritmaya, mengatakan saat ini fokus pelatihan diberikan kepada puluhan pelaku UMKM di Kelurahan Gunung Anyar Tambak, Rungkut Surabaya.

”Sekarang ada 22 UMKM yang hadir menerima materi dari dosen UHW Perbanas. Mereka berasal dari berbagai bidang usaha, di antaranya: kuliner, produk jasa, fashion, souvenir, makanan kemasan, dan lainnya,” papar Chitra di sela pelatihan di Ruang C301 UHW Perbanas Kampus Wonorejo, Kamis (02/3/2023).

Selama observasi berlangsung, pihaknya menemukan sejumlah kendala dalam memajukan usaha. Salah satunya, UMKM Kelurahan Gunung Anyar Tambak belum mampu mengukur kekuatan keuangan.

Misalnya, penentuan harga pokok produk, laba produksi hingga pembukuan aktivitas usaha secara sederhana.

”Bahkan, sebagian besar dari mereka belum memanfaatkan produk dan jasa perbankan, seperti sistem pembayaran digital dan akses pembiayaan dari berbagai pilihan pinjaman yang tersedia,” jelasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut