get app
inews
Aa Read Next : Ajak Transaksi Cashless, BRI BO Kapas Krampung Gelar Bazar Ramadhan di Pasar Nambangan

Wagub Emil Genjot Promosi UMKM Lewat Pameran

Jum'at, 03 Maret 2023 | 11:26 WIB
header img
Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak membuka acara pameran UMKM. Foto: MPI/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sedikitnya 52 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dari Jawa Timur, mengikuti pameran Fiesta Ramadhan di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya. Mereka terdiri dari UMKM pakaian, makanan, hingga aksesoris. 

Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak usai membuka acara ini menekankan pentingnya menggenjot dan memberi dukungan terhadap UMKM. Terutama dalam hal promosi untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

"Kita tahu sekarang ini, berbagai macam cara digunakan untuk mempromosikan UMKM. Sebagai contoh kita bermitra dengan banyak pihak. Jadi semakin banyak pihak yang terlibat, kita di pemprov bisa bersinergi," ujarnya, Kamis (2/3/2023). 

Emil menjelaskan, strategi promosi yang dilakukan bisa memberikan efek signifikan. Terlebih karena dilakukan di pusat perbelanjaan yang menurutnya sangat strategis di Surabaya.

"Promosi paling standar memang pameran, standar tapi efektif. Apalagi mereka juga memikirkan bagaimana ini bisa ramai dengan berbagai event, seperti lomba untuk anak-anak ataupun lomba cosplay," jelasnya. 

Sementara itu, Emil menyebutkan bahwa target pertumbuhan UMKM tahun 2023 untuk wilayah Jawa Timur ada di kisaran 5 persen. Angka tersebut, ujarnya, melebihi ramalan lembaga-lembaga internasional seperti Bank Dunia maupun International Monetary Fund (IMF) yang mematok angka 4 persen. "

Kita tetap harus optimis bahwa kita bisa jaga di atas 5 persen," ujarnya.

Ketua penyelenggara pameran, Heru Prasetyo menjelaskan, pameran ini sengaja digelar sebelum bulan Ramadhan, sebagai upaya untuk memperkenalkan berbagai produk UMKM, serta memperluas pasar.

"Peserta pameran tidak berbayar sama sekali, dengan fasilitas memadai, kita beri booth standart, meja, kursi, karpet dan listrik. Harapan kami agar UMKM bisa bangkit pasca pandemi," katanya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut