get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Pemkot Targetkan UMKM Surabaya Miliki NIB, DPMPTSP Putuskan Jemput Bola ke Kelurahan hingga Kampus

Rabu, 08 Maret 2023 | 09:35 WIB
header img
Pemkot melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)melakukan sosialisasi hingga mengajari pembuatan NIB. Foto iNewsSurabaya/arif

Erringgo menuturkan, dulunya program jemput bola ini berjalan setiap Selasa dan Kamis. Lokasinya di kelurahan dan kecamatan. Petugas juga menggelar layanan di pusat UMKM seperti sentra wisata kuliner (SWK) dan tempat wisata. Namun saat ini berkembang, di kampus bisa diadakan sesuai dengan kesepakatan waktu yang diadakan.

Total ada 63.414 usaha yang sudah mengantongi NIB. Perinciannya, 62.111 usaha mikro kecil (UMK) dengan modal usaha kurang dari Rp 5 miliar. Sisanya adalah usaha non-UMK. “Paling banyak kategori berusaha adalah pedagang eceran makanan dan minuman,” ucapnya.


Pemkot melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)melakukan sosialisasi hingga mengajari pembuatan NIB. Foto iNewsSurabaya/arif

Posisi kedua ditempati rumah atau warung makan. Ketiga, industri produk makanan. Keempat, per-dagangan besar berbagai macam barang. Berikutnya, perdagangan makanan eceran lainnya. Pengurusan NIB cukup mudah. Apalagi bagi mereka yang kategori UMK. Sebab, usaha itu masuk kategori risiko rendah.

Camat Wonocolo, Muslich Hariadi mengatakan, pihaknya berupaya untuk meningkatkan perizinan untuk UMKM. Menurutnya, UMKM membutuhkan pembuatan NIB sebagai alat untuk berusaha. “UMKM ditempat kita inikan sangat banyak. Kami ingin mereka memiliki NIB supaya secara perizinan ada,” katanya.

Tahun 2023 ini, lanjut Muslich, kecamatan Wonocolo mentargetkan UMKM yang berada di wilayahnya bisa memiliki NIB sekitar 3.000. Target ini kemungkinan bisa terealisasi, karena Wonocolo terdiri dari beberapa kelurahan yang akan mensupport penerapan kebijakan ini. “Tahun ini sekitar 3.000 UMKM yang ingin kami NIB-kan. Saya yakin mampu, kita ada beberapa kelurahan,” jelas dia.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut