get app
inews
Aa Read Next : Holy Ichda Wahyuni Anak Nelayan yang Sukses Jadi Dosen di UM Surabaya

Bikin Geleng-Geleng Kepala, Satu Keluarga Ini Bisa Jadi Dokter Semua

Rabu, 15 Maret 2023 | 18:18 WIB
header img
Aisyah Faadhilah foto bersama keluarganya disela pengambilan sumpah Fakultas Kedokteran (FK) UM Surabaya, di gedung At-Tauhid Tower, Rabu (15/3/23). Foto/Humas UM Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Tidak semua orang yang bisa dengan mulus menjadi dokter. Untuk masuk kuliah di kedokteran saja, banyak yang harus gugur saat menjalani tes. Namun ada satu keluarga yang bisa mewujudkan profesi yang mulia tersebut. Mulai ayah, ibu, hingga anaknya, semuanya sukses menjadi dokter. 

Dia adalah Aisyah Faadhilah. Mahasiswa angkatan pertama FK UM Surabaya. Kedua orang tuanya juga berprofesi sebagai dokter. Ibunya bernama dr. Yaladewi Soejono, merupakan seorang dokter kecantikan di Surabaya. Sedangkan Ayahnya dr. Helmy Djafar Thalib, berprofesi sebagai dokter umum

Yang bikin geleng-geleng kepala, saat ini adik Aisyah juga tengah mengenyam studi pendidikan dokter. Aisyah sendiri baru saja diambil sumpah setelah kelar menjalani pendidikan di Fakultas Kedokteran (FK) UM Surabaya.

Aisyah mengaku, ia mulai tertarik pada dunia kesehatan memang sudah sejak kecil. Dia terbiasa diajak bermain oleh orang tuanya di klinik. Bahkan sejak masuk SMP, ia sudah membantu orang tuanya di klinik. Sehingga pada usia tersebut, Aisyah sudah bisa menghafal beberapa jenis obat.

“Jadi memilih jurusan dokter memang benar-benar passion saya, tidak ada paksaan dari orang tua, dari awal hingga akhir saya benar-benar menikmati proses dan tantangannya,” ungkapnya.

Menurut Aisyah, apa yang dicapai hari ini merupakan hasil didikan kedua orang tua yang mendidik dengan cara sederhana. Ia mengaku keluarganya tidak pernah menggunakan cara yang kasar dalam mendidik dan membesarkan anak. 

Menurut penuturannya, meski satu keluarganya menjadi dokter ia tidak pernah kehilangan kasih sayang dan waktu bersama keluarga, keluarganya acapkali membuat jadwal untuk me time bersama.

Aisyah menuturkan, keluarganya memiliki satu kunci dalam menjalankan profesi. Yakni "Lakukan segala sesuatu karena Allah". Termasuk menekuni suatu pekerjaan, baik itu profesi dokter atau yang lain. 

Artinya dalam melakukan sesuatu harus ikhlas, karena ikhlas merupakan kunci dalam beribadah. Aisyah mengaku nasihat tersebut sering diulang-ulang oleh orang tuanya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut