get app
inews
Aa Read Next : Drama Panjang Nathan! Sampai Belanda Kembali ke Qatar Perkuat Indonesia U-23, Shin Tae-yong Gembira

Dua Lokomotif Kereta Api Produk Lama di PTPN Diangkut ke Belanda, Ini Alasannya

Minggu, 26 Maret 2023 | 15:42 WIB
header img
Dua Lokomotif produk Belanda diangkut untuk diperbaiki menuju Museum Stroomtrein Katwijk Leiden Belanda. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Salah satu museum di Belanda membawa dua lokomotif kereta api bertenaga uap dari Indonesia. Lokomotif tersebut akan dibawa untuk dilakukan perbaikan, dan dipamerkan di Belanda.

Dua lokomotif kereta api bermesin uap ini merupakan produksi pemerintahan Hindia Belanda. Saat ini, Belanda ingin memboyong kembali atau membawa pulang lokomotif bersejarah ini ke negaranya. Lokomotif ini sempat menjadi pajangan saja di sebuah perkebunan milik negara itu, kini hendak di revitalisasi atau diperbaiki ulang agar dapat digunakan kembali.

Lembaga yang nekat membawa lokomotif ini Adalah museum Stroomtrein Katwijk Leiden, pengagas sekaligus pihak yang mensponsori upaya restorasi lokomotif kuno yang diproduksi oleh pemerintahan Hindia Belanda.

Gerard de Graaf, Presiden Museum Stroomtrein Katwijk Leiden mengatakan, ada dua lokomotif yang dibawanya kembali ke negeri Belanda. Kedua lokomotif itu, diakuinya tak memiliki nama. Meski demikian, ia mengetahui secara pasti jika kedua lokomotif itu diproduksi oleh pabrikan negeri Hindia Belanda saat itu khusus untuk Indonesia. Lokomotif pertama diproduksi sekitar tahun 1925 dan lokomotif kedua dibuat sekitar tahun 1929.

"It was produced around 1925 and 1929 (itu diproduksi sekitar tahun 1925 dan 1929)," katanya saat ditemui wartawan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut