get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Lebaran bersama Muhammadiyah dan NU

Kamis, 20 April 2023 | 14:20 WIB
header img
Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag Sebagai Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

Saya baru saja mendapat kiriman informasi bahwa Pesantren Miftahul Huda, Gading Pesantren, Malang, menetapkan 1 Syawal jatuh pada Jum'at, 21 April 2023. Berarti Pesantren Gading Malang (begitu biasa disebut) akan melaksanakan shalat _Id_ bareng dengan kawan-kawan Muhammadiyah.

Apakah Pesantren Gading Muhammadiyah? Pesantren Gading adalah salah satu pesantren dengan ke-NU-an 24 karat. 

Saat kuliah S1, saya nyantri di pondok ini. Memang, salah satu kekuatan pondok ini adalah dalam bidang _falak_. Sejak dulu hingga kini, pesantren ini menggunakan metode _hisab_ untuk menentukan 1 Syawal.

Apakah hanya karena _hisab_ kemudian pesantren ini dicoret dari daftat pesantren NU? Sekedar informasi, salah satu ustadz pesantren Gading yang jago di bidang falak adalah Ust. Ali Murtadho _(Allah yarham_). Ustadh Ali Murtadho adalah salah satu pendiri dan pengasuh Pesantren Sabilur Rosyad, bersama dengan KH. Marzuki Mustamar. KH Marzuki Mustamar adalah Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur masa khidmat 2018-2023.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut