get app
inews
Aa Read Next : Kolonel Marinir Arip Supriyadi Resmi Jabat Komandan Brigif 2 Marinir

Lomba Dayung Perahu Majapahit, Danpasmar 2 : Tumbuhkan Kebesaran Kerajaan Majapahit

Sabtu, 06 Mei 2023 | 23:28 WIB
header img
Lomba perahu naga dengan mempertandingkan kategori kelas open atau umum, TNI-Polri dan pelajar dengan jarak 500 Meter di Long Storage Waduk Kalimati Desa Kwatu Kec. Mojoanyar Kab. Mojokerto, Sabtu (06/5/2023). Foto/Dispen

MOJOKERTO, iNewsSurabaya.id - Lomba Dayung Perahu Majapahit Piala Bupati Mojokerto dan Komandan Pasmar 2 dalam rangka memperingati HUT ke 22 Pasmar 2 dan HUT ke 730 Kabupaten Mojokerto tahun 2023 berjalan cukup meriah.

Lomba perahu naga dengan mempertandingkan kategori kelas open atau umum, TNI-Polri dan pelajar dengan jarak 500 Meter dengan total peserta 63 Tim ini berlangsung di Long Storage Waduk Kalimati Desa Kwatu Kec. Mojoanyar Kab. Mojokerto, Sabtu (06/5/2023).

Acara dibuka oleh Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto yang diwakili Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir Kolonel Marinir Muhammad Rizal, dan Bupati Mojokerto Hj. Ikfina Fahmawati.

Danpasmar 2 dalam sambutannya yang disampaikan Danmenkav 2 Mar Kolonel Marinir Muhammad Rizal mengatakan, event lomba dayung ini memiliki nilai strategis. Yakni mengasah prestasi dan menanamkan semangat jiwa Bahari dengan menggali kearifan budaya lokal.

"Lomba dayung ini juga menumbuhkan semangat persatuan dan kebesaran Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar di nusantara,” terangnya.
 
Ia berharap, melalui lomba ini maka akan tumbuh generasi muda yang memiliki rasa cinta bahari, disiplin, sportivitas yang tinggi, serta dapat mencetak atlet-atlet dayung berprestasi. 

"Lomba dayung perahu Majapahit ini, menitikberatkan pada kemampuan fisik dan jasmani serta kerjasama tim, sehingga diharapkan setiap peserta dapat menampilkan kemampuan yang maksimal disertai kekompakan dan jiwa kebersamaan,” imbuhnya.
 
Sementara itu Bupati Mojokerto Hj. Ikfina Fahmawati mengatakan, lomba dayung perahu Majapahit merupakan upaya melestarikan budaya dan menyatukan olahraga masyarakat dan budaya khas mojokerto. 

"Saya melihat semangat dan motivasi peserta lomba yang cukup tinggi, mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus dikembangkan pada tahun yang akan datang sebagai wadah perlombaan di tingkat nasional maupun internasional,” paparnya.
 
Kata dia, dengan memanfaatkan long storage kalimati untuk lomba dayung perahu Majapahit berarti ikut melestarikan dan menjaga fungsi sungai, sebagai salah satu dampak positif yang diharapkan dapat terbukanya kesempatan kerja bagi masyarakat di sekitar long storage Kalimati. 

"Langkah ini membuktikan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Mojokerto berkomitmen untuk menciptakan lapangan kerja,” tutupnya.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut