get app
inews
Aa Read Next : Unusa Raih Peringkat ke-1 PTS Terbaik di Surabaya dan ke-7 PTS di Indonesia Versi Webometric 2024

Kisah Putra Papua yang Lulus Pendidikan Guru di Unusa

Sabtu, 13 Mei 2023 | 12:10 WIB
header img
Irian Murib diapit sang kakak saat wisuda. Foto/Unusa

Pria kelahiran Beofa, Papua, 23 April 1999 ini berniat akan Kembali ke kampung halamannya untuk mengabdikan diri sebagai pendidik. Dia telah membuktikannya saat menyusun skripsi dibawah dosen pembimbing Akhwani. 

“Minimal saya sudah tiga kali bolak balik dan pindah sekolah untuk mencari data dalam menyusun skripsi. Juga sudah tiga sekolah berbeda saya kunjungi. Dari pengalaman itulah saya berjanji untuk kembali ke kampung halaman menjadi guru profesional,” katanya.

Akhwani juga mengakui kegigihan Irian Murib dalam menyelesiakan kuliahnya. “Dia pernah mengambil cuti pada semester tiga. Alasannya karena waktu itu ada kericuhan terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan dia khawatir ada kericuhan yang meluas, akhirnya dia Kembali ke kampung halamannya. Tapi setelah itu dia Kembali aktif kuliah lagi,” katanya.

Irian Murib juga pernah bercerita dirinya pernah menjual babi hasil lamaran kakanya agar bisa tetap kuliah di Unusa, juga pernah menggadaikan laptop miliknya hanya untuk membayar listrik dikontrakannya. 

“Saya apresiasi terhadap keinginan kuatnya untuk menjadi guru di daerah asalnya. Niatnya itu perlu kita dorong terus agar Pendidikan di negeri ini merata disemua daerah, termasuk di Papua,” ucap Akhwani.

Unusa memberikan apresiasi terhadap apa yang telah dijalankan Irian Murib, dalam acara wisuda itu, dia diberi kepercayaan oleh panitia, mewakili teman-temannya untuk membacakan janji wisudawan.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut