get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lebaran, PTPN I Regional 5 Gelar Mudik Gratis 2024

PTPN XII Mulai Gelar Tebang Tebu Perdana 2023, Serap 9000 Tenaga Kerja per Hari

Selasa, 16 Mei 2023 | 16:41 WIB
header img
Prosesi itu dinamakan “petik tebu manten" menandai tebang tebu di Kebun Mumbul Kabupaten Jember. Foto/PTPN XII

Sebelumnya acara yang sama juga digelar di Kebun Kalitelepak Kabupaten Banyuwangi, pada Jumat (12/5/2023). Kebun Kalitelepak, luas tanaman tebu mencapai 5.896,5 hektare dengan estimasi produksi 444.686 ton, serta target pasok rata rata 3.000 ton/Hari. 

"Kebun Mumbul dan Kebun Kalitelepak merencanakan kegiatan tebang mulai tanggal 17 Mei 2023 dan Insya Allah akan selesai 150 hari kedepan untuk memenuhi pasok giling di PG Glenmore dan PG Semboro," kata Yualianto.

Menurutnya, kegiatan itu merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan program pemerintah dalam hal swasembada gula nasional.

Setiap tahunnya, kegiatan tebang tebu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar kebun. Yakni mampu menyerap sekitar 9.000 tenaga kerja setiap harinya.

Selain itu, kata Yualianto, juga ditambah tenaga kerja untuk kegiatan pemeliharaan pasca tebang. "Kami menyerap tenaga kerja setiap harinya lebih kurang 9.000 tenaga kerja, yang dipenuhi dari sekitar kebun" papar Yualianto.

Selanjutnya, Yualianto berharap kepada jajaran kebun Mumbul dan Kebun Kalitelepak untuk memberikan kinerja terbaik guna mensukseskan tebang tebu di tahun 2023 ini. 

Sebab, dengan volume pekerjaan yang besar, baik itu saat panen dan pemeliharaan pasca panen, dibutuhkan perencanaan yang tepat dan dilaksanakan secara tertib. 

Manajer Kebun Mumbul, Hendro Prasetyo, S. P menambahkan kebun Mumbul juga selalu melibatkan masyarakat sekitar dalam proses panen tebu

"Ini sebagai bentuk kehadiran kebun bisa memberikan manfaat pada warga sekitar," ujarnya.

Sementara itu, Hastudy Yunarko, S.P, Manajer Kebun Kalitelepak, menambahkan bahwa juga perlu selalu berinovasi agar mendapatkan nilai tambah yang akan bermanfaat untuk perusahaan dan masyarakat disekitar kebun.

"Dengan selalu berkomunikasi kepada stakeholder disekitar kebun, menjadi kesatuan yang utuh, bersama-sama memitigasi semua permasalahan sosial masyarakat sehingga diperoleh sinergi yang baik untuk kemajuan bersama," pungkas Hastudy saat acara gelaran acara selamatan panen di Kebun Kalitelepak.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut