get app
inews
Aa Read Next : Pasokan Listrik Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Kembali Pulih

Seorang Pria Tendang Sesajen di Lokasi bencana Gunung Semeru, Ini Kata Khofifah

Senin, 10 Januari 2022 | 20:02 WIB
header img
Potongan video pria tendang sesajen. (Foto: Tangkapan Layar)

SURABAYA, iNews.id - Sebuah video berdurasi sekitar 30 detik pada Jumat (7/1/2022) viral di media sosial. 

Peristiwa itu terjadi di tepi sungai aliran lahar dingin Gunung Semeru, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Video itu memperlihatkan seorang pria dengan mengenakan tutup kepala hitam dan rompi hitam mendekat ke sebuah sesajen yang diletakkan di atas tanah.

Informasinya, pria tersebut bernama Hadfana Firdaus (32), warga Dusun Tarang Tereng, Kelurahan Tirtanadi, Kecamatan Labuham Haji, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menanggapi kejadian itu, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa akhirnya angkat bicara. Menurut Khofifah, Indonesia memiliki beragam budaya, suku, adat. 

Untuk itu, sesama warga negara harus saling menghormati. Jika ada persoalan budaya, maka pendekatanya harus budaya.Jika persoalan agama, maka pendekatannya harus agama.

"Lebih baik tabayyun (mencari kejelasan hingga terang dan benar). Minta penjelasan untuk apa ini. Daripada begini, dibagi saja, inikan makanan. Kan bisa. Jadi melakukan hal yang baik dilakukan dengan cara yang baik dan tujuan yang baik. Ini harus berseiring," tuturnya, Senin (10/01/2022).

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut