get app
inews
Aa Read Next : Didampingi Emil Dardak ke Bangkalan, Menhan Singgung Pemimpin Muda

Wagub Emil Resmi Dilantik Jadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah Jatim

Kamis, 15 Juni 2023 | 14:04 WIB
header img
Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, resmi dilantik menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Jatim Periode 1444-1447 Hijriyah, Rabu (14/7/2023). Foto: MNC Portal/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak resmi dilantik menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Jatim Periode 1444-1447 Hijriyah, Rabu (14/7/2023). Orang nomor dua di Jatim itu dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum Badan Pengurus Harian Pengurus Pusat MES Erick Thohir.

Dalam acara yang digelar di Islamic Center Surabaya tersebut Emil menyatakan, dalam menghadapi pelbagai tantangan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jatim, perlu adanya kolaborasi dengan berbagai instansi terkait. 

"MES telah membuktikan dirinya sebagai motor penggerak ekonomi yang kuat dan berkelanjutan," katanya. 

Menurutnya, sistem ekonomi berlandaskan prinsip-prinsip syariah mampu memberikan alternatif adil, berkelanjutan, dan berorientasi pada kemaslahatan umat. 

"Bisa dikatakan kita di Jatim memiliki slogan yang cukup agresif, dimana kita ingin benar-benar menjadikan Jatim adalah pusat perekonomian syariah," imbuhnya.

Emil menjabarkan di pertengahan tahun 2023, Provinsi Jatim secara konsisten menunjukkan kinerja ekonomi yang positif. Hal tersebut tercermin dari indikator pertumbuhan ekonomi Jatim yakni PDRB triwulan I 2023. 

"Alhamdulillah tumbuh sebesar 4,95% secara tahunan sekaligus menjadi penyumbang terbesar kedua di Pulau Jawa dengan kontribusi sebesar 24,99%," ungkap Emil.

Kinerja positif perekonomian di Jatim tersebut didominasi oleh kontribusi industri pengolahan sebesar 31%, diikuti sektor perdagangan 19,13% dan disusul oleh sektor pertanian 10,76% dari PDRB Jatim. Indikator positif lainnya terlihat pada meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2022 sebesar 72,75%, meningkat 0,85% dari tahun sebelumnya. 
"Alhamdulillah juga dengan adanya peningkatan ini Umur Harapan Hidup masyarakat Jatim jadi lebih panjang," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Emil yang juga didapuk sebagai Direktur Eksekutif Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jatim menyebut Jatim punya potensi luar biasa dalam perekonomian syariah. Yakni mayoritas masyarakat Jatim beragama Islam. 

Di Jatim juga terdapat sekitar 1.581 Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren). Serta terdapat 6.864 pondok pesantren dengan lebih dari satu juta santri juga kurang lebih total 38 ribu masjid dapat dijadikan penggerak ekonomi syariah. 

"Ini berpotensi sebagai base customer," ujarnya.

Menutup pidatonya, Emil bersama dengan seluruh jajaran pengurus MES Jatim berkomitmen, MES Jatim dapat berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkeadilan. 

"Kami terus berupaya mengembangkan berbagai program inovatif dan memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat Jatim," pungkasnya

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut