get app
inews
Aa Read Next : Ajak Transaksi Cashless, BRI BO Kapas Krampung Gelar Bazar Ramadhan di Pasar Nambangan

IBK Bank Gelar Pelatihan Batik Shibori, Dorong UMKM Naik Kelas

Minggu, 25 Juni 2023 | 16:24 WIB
header img
Peserta menunjukkan hasil dari pelatihan Batik Shibori yang digelar oleh IBK Bank Indonesia KC Samator Surabaya, di Novotel Samator Surabaya Timur, Minggu (25/6/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - IBK Bank Indonesia KC Samator Surabaya menggelar pelatihan Batik Shibori di Novotel Samator Surabaya Timur, Minggu (25/6/2023). Pelatihan yang diikuti sekitar 60 orang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Surabaya dan sekitar ini untuk mendorong UMKM naik kelas.

Pelatihan Shibori ini menghadirkan pemateri maestro batik shibori sekaligus desainer kondang asal Surabaya, Veni Rosita. 

Baca Juga : 

Batik Shibori Belum Digemari Anak Muda, Ini Langkah Desainer Veni Rosita

Branch Manager IBK Bank KC Samator Surabaya, Alfius Sonandi mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari bentuk tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) dari Bank IBK, khusunya Surabaya. 

"Kita ingin mendorong UMKM-UMKM yang ada di Surabaya dan sekitarnya agar lebih kreatif dan lebih produktif," katanya.

Peserta bukan hanya pegiat batik, namun pelaku UMKM yang ingin mencoba menekuni usaha di bidang fashion. Baik pemula maupun pegiat batik.

"Kita berharap pelaku UMKM semakin menggeliat, sehingga nantinya bisa bekerjasama dengan Bank IBK khususnya untuk akses permodalan," ujarnya.

Alfius menegaskan, bahwa pihaknya akan terus melanjutkan program-program pelatihan serupa agar UMKM di Indonesia khususnya di Surabaya cepat naik kelas. 

Program pelatihan ini merupakan salah satu langkah Bank IBK Indonesia dalam mendukung visi menjadi Bank yang professional, inovatif terdepan untuk UKM & Korporasi dan merealisasikan misi Bank IBK Indonesia untuk berkontribusi sebagai penggerak dan pendorong laju perekonomian nasional.

Di IBK Bank sendiri, kata Alfius, mempunyai program pembiayaan UMKM dengan bunga yang cukup rendah, yakni 8 persen per tahun.
Namun dalam penyaluran kredit UMKM tidak serampanga. IBK Bank akan memastikan terlebih dulu bahwa pelaku UMKM bankable atau memenuhi syarat untuk mengakses produk perbankan.

Untuk itu, selain mendorong UMKM agar produktif dengan melakukan pendampingan dari sisi pengetahuan dan keterampilan, Bank Pemerintah Korea ini juga mengedukasi agar pelaku UMKM lebih bankebal.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut