get app
inews
Aa Read Next : YDSF Panen Raya Jagung 35 Ton Hasil Wakaf Produktif di Jember

Idul Adha, YDSF Targetkan 38 Ton Daging Qurban Terdistribusi ke Daerah Pelosok

Senin, 26 Juni 2023 | 16:22 WIB
header img
YDSF akan menyalurkan hewan qurban yang dihimpun langsung ke desa-desa pelosok yang jarang ada penyembelihan saat Idul Adha. Foto/YDSF

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Menjelang pelaksanaan Hari Raya Iduladha tahun ini, Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF) menargetkan penghimpunan lebih banyak dari tahun 2022 kemarin.

Tahun ini, target daging hewan qurban yang diusahakan bisa terdistribusi sejumlah 38 ton lebih.

Jumlah itu naik signifikan bila dibanding dengan tahun lalu sekitar 27 ton atau naik sekitar 11 ton.

Tahun ini, YDSF menargetkan hewan qurban yang bisa dihimpun mencapai 1.394 ekor domba dan 114 sapi. Dengan persentase kenaikan sekitar 40 persen. 

Direktur Pelaksana YDSF, Jauhari Sani mengatakan kenaikan jumlah itu dikarenakan semakin banyaknya para pequrban yang antusias menitipkan hewan qurbannya melalui lembaga amil zakat seperti YDSF.

Alasan lainnya karena hewan qurban yang dihimpun langsung disalurkan ke desa-desa pelosok yang jarang ada penyembelihan saat Iduladha.

“Titik-titik distribusi sudah kami tentukan dengan melibatkan dai-dai desa pelosok yang selama ini bertugas. Juga beberapa titik yang diminta oleh masyarakat. Insya Allah, amanah para pequrban (mudhahi) kami sampaikan kepada para penerima yang berhak,” kata Jauhari, saat melepas keberangkatan tim pengawalan Ekspedisi Qurban, Senin (26/6) di halaman Graha Zakat YDSF Jalan Kertajaya 8 C/17 Surabaya. 

Jauhari juga menjelaskan, daging qurban yang didistribusikan itu juga sebagai upaya pemenuhan protein hewani masyarakat yang belakangan di beberapa daerah di Indonesia mengalami kekurangan gizi yang berakibat pada banyaknya kasus stunting.

Beberapa daerah yang menjadi target penyaluran meliputi Jatim, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, NTT, dan Bali.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut