get app
inews
Aa Read Next : Korupsi Pengadaan Lahan di Rorotan, Pengusaha Zahir Ali Diperiksa KPK, Begini Pernyataan Jubir

Gila! Tumpukan Uang Lukas Enembe Dipamerkan KPK, Jumlahnya Bisa untuk Bangun Papua

Senin, 26 Juni 2023 | 17:23 WIB
header img
KPK memamerkan tumpukan uang sitaan dari dugaan pencucian uang yang dilakukan Gubernur Papua Non Aktif Lukas Enembe. Foto iNewsSurabaya/Okezone

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak mau dianggap mengada-ada dalam kasus yang melibatkan Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe (LE). KPK membeber hasil dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di depan publik. 

Tak tanggung-tanggung, nilai pencucian uang Lukas Enembe yang ditampilkan KPK mencapai miliaran rupiah. Tumpukan uang miliaran rupiah tersebut ditampilkan dalam konferensi pers yang digelar di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan. 

Dalam konpers tersebut hadir Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata; Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur; serta Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Rincian uang yang ditampilkan KPK terdiri dari Rp81.628.693.000. Kemudian, senilai 26.300 dollar Singapura atau setara Rp292 juta, dan 5.100 dollar Amerika Serikat atau setara Rp76 juta. Uang miliaran rupiah tersebut telah disita untuk memulihkan kerugian keuangan negara.

"Sebagai upaya untuk mengoptimalkan pengembalian dan pemulihan kerugian keuangan negara melalui asset recovery, KPK melakukan penyitaan terhadap aset-aset sebagai berikut, uang tunai Rp81.628.693.000; 5.100 dollar Amerika Serikat; dan 26.300 dollar Singapura," kata Alexander Marwata di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (26/6/2023).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut