get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Strategi Diterima Sekolah Negeri dalam PPDB 2023, Jangan Terkecoh Embel-Embel Sekolah Favorit

Selasa, 27 Juni 2023 | 11:12 WIB
header img
Calon Peserta Didik Baru (CPDB) SMA/SMK di Jawa Timur serius untuk memilih sekolah. Namun, mereka harus berhati-hati untuk menentukan sekolah yang cocok. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Calon Peserta Didik Baru (CPDB) SMA/SMK di Jawa Timur serius untuk memilih sekolah. Namun, mereka harus berhati-hati untuk menentukan sekolah yang cocok supaya tidak menyesal dikemudian hari.

Untuk bisa bersaing mendapatkan sekolah negeri, perlu strategi yang dilakukan supaya masyarakat tidak kecewa atau menyesal, karena tidak diterima pada sekolah tertentu. Padahal, apa yang dilakukan hanya menuruti kesenangan pribadi saja. Untuk itu, perlu tips cara memilih sekolah yang baik supaya bisa diterima di negeri.

Kepala UPT TIKP Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Alfian Majdi menuturkan, menentukan sekolah memang tidak mudah, siswa tidak harus senang pada sekolah tertentu saja. Endingnya justru tidak diterima, dan menyesal tidak bisa sekolah negeri.

“Wali murid harus lebih bijak dalam proses penerimaan siswa baru ini, harus pandai menentukannya,” katanya.

Menurutnya, pada jalur ini baik CPDB maupun wali murid harus lebih bijak dalam memilih sekolah. Mereka tidak boleh terpaku pada sekolah-sekolah tertentu yang dianggap favorit. Justu, kata dia, CPDB seharusnya memilih sekolah yang terdekat dengan rumah.

"Karena zonasi ini seleksi berdasar jarak rumah dan sekolah jadi saya imbau untuk mendaftar lebih awal saja. Karena seleksi ditampilkan terbuka. Masyarakat bisa melihat secara langsung," jelas Alfian.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut