get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Stok Hewan Kurban di Jawa Timur Aman, Gubernur Cek Hewan di RPH Surabaya dan Malang

Selasa, 27 Juni 2023 | 15:30 WIB
header img
Gubernur Khofifah mengecek Stok hewan kurban dan memastikan aman di area Jawa Timur, masyarakat dihimbau untuk tidak resah atas pemenuhan hewan kurban. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Pelaksanaan Hari Raya Idhul Fitri tinggal menghitung hari. Stok hewan kurban dipastikan aman di Jawa Timur, masyarakat dihimbau untuk tidak resah atas pemenuhan hewan kurban.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan kesiapan Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1444 H yang jatuh pada 29 Juni 2023  mendatang. Ia mengecek kondisi Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian di Surabaya setelah melakukan peninjauan di RPH Kota Malang, Minggu (25/6). 

Setibanya di lokasi, Gubernur Khofifah didampingi Walikota Malang Sutiaji langsung melihat tempat pemotongan sapi pada RPH berkapasitas tampung pemotongan sebanyak 80 ekor. Sekaligus mengeceak kondisi kandang yang dapat menampung hingga 100 ekor sapi. Adapun jumlah pemotongan di RPH Kota Malang ini, rata-rata 35 ekor/hari.

Usai peninjauan Gubernur Khofifah  memastikan bahwa stok ketersediaan hewan kurban di Jatim sangatlah aman. Bahkan, untuk empat jenis hewan kurban termasuk dalam kategori surplus baik untuk sapi, kambing, domba maupun kerbau. Bahkan menyambut Idul Adha tahun ini, di Jatim terdapat jumlah lapak penjualan hewan kurban mencapai 2.352 lapak.

“Kami melakukan kunjungan ke beberapa sentra ternak terutama sapi, untuk memastikan stok ketersediaan kurban kita dalam keadaan sangat cukup” ungkapnya.

Khusus di RPH Kota Malang, Gubernur Khofifah juga menyampaikan apresisinya atas kesiapan para juleha (Juru Sembelih Halal) yang mayoritas telah tersertifikasi. Bahkan 10 dari 13 Juleha di RPH ini diketahui telah  bersertifikat.

“Sertifikasi ini penting, untuk memastikan kemampuan juleha  dalam menyembelih hewan qurban dengan mulia dan tanpa menyakiti. InsyaAllah di Jatim kita memiliki Juleha yang cukup banyak. Kira-kira 3 minggu lalu saya bertemu dengan lebih dari 1000 Juleha di Islamic Center Surabaya,” urainya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut