get app
inews
Aa Read Next : Elektabilitas Caleg DPRD Jatim Dapil Jember-Lumajang, Gus Fawait Tertinggi

Simulasi Capres-Cawapres versi ARCI: Ganjar-Sandiaga Kuasai Jatim, Prabowo-Cak Imin Nomor Dua

Selasa, 18 Juli 2023 | 18:11 WIB
header img
Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mulai mengkrucut prediksi perolehan dukungan. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mulai mengkrucut prediksi perolehan dukungan. ARCI membeberkan hasil survei jika disandingkan dengan pasangan masing-masing.

Tiga pasangan yang bakal maju mulai menemukan angka dukungan, ditemukan tiga pasangan dengan prosentasi suara di Jawa Timur. Masing-masing pasangan calon memiliki kelebihan dibading lainnya.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut Ganjar Pranowo unggul di Jawa Timur ketika dipasangkan dengan Sandiaga Uno. "Dalam simulasi capres-cawapres tiga nama, ketika Ganjar dipasangkan Sandiaga Uno, maka elektabilitasnya mengungguli dua pasangan lain. Jadi Ganjar-Sandi berpeluang menang dan menguasai Jatim," kata Baihaki.

Dalam simulasi ARCI capres-cawapres, elektabilitas Ganjar-Sandiaga di angka 36,1%. Kemudian Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar 35,6%, dan di posisi ke-3 Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 24,9%.

"Sementara responden yang belum menjawab atau belum menentukan pilihan sebanyak 3,4%," tambahnya.

Baihaki menyatakan pemilihan simulasi nama capres-cawapres tersebut berdasarkan isu yang berkembang hari ini.

"Hari ini kita tahu Gerindra berkoalisi dengan PKB, dan potensinya Prabowo-Cak Imin. PDIP dengan PPP, komposisinya Ganjar-Sandi. Lalu Koalisi Perubahan yang mulai santer dikabarkan duet Anies-AHY," bebernya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut