get app
inews
Aa Read Next : Tim Medis Pertamina Gerak Cepat, Berikan Layanan Kesehatan Warga Terdampak Luberan Minyak di Tuban

Pidato Keren Pengasuh Pondok Langitan KH Abdullah Munif, Tawadhu Kunci Sukses dalam Menjalani Hidup

Jum'at, 21 Juli 2023 | 17:45 WIB
header img
KH Abdullah Munif Marzuqi. Foto tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan, KH Abdullah Munif Marzuqi telah wafat. Sosoknya begitu dikagumi banyak orang, tak jarang Pondok yang berada di wilayah Tuban ini menjadi jujukan pimpinan maupun masyarakat biasa dalam memutuskan sesuatu. 

Pertimbangan Kiai ini jadi jujukan karena beliau terkenal dengan sikap tawadhu. Bahkan sikap tawadhu sering dipergunakan dan diajarkan dalam setiap pidato yang dilakukan. 

Berikut Pidato Keren sang Kiai dikutip dari Majalah Langitan :

Manusia itu terdiri atas jasmani dan ruhani, yang harus dipenuhi kebutuhannya dan dipelihara stabilitasnya secara seimbang. Kita sering mengisi dan mengasah otak kita dengan ilmu pengetahuan, tapi kita melupakan ruhani kita dengan siraman ruhani (agama), baik akidah, ibadah, maupun akhlak hingga tumbuhlah manusia-manusia yang berperilaku sombong, membanggakan diri dan merendahkan orang lain.

Ada beberapa hal yang menyebabkan manusia bisa berlaku sombong antara lain: pengaruh kecintaan terhadap dunia, kebanggaan terhadap ilmu yang dimilikinya atau juga kekuasaan. Semua sifat itu sudah disinggung dalam al-Qur-an dengan para pelakunya. Dalam Surat al-Qashash ayat 76 disebutkan: “Sesungguhnya Qarun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: “Janganlah kamu terlalu bangga, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri.”

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut