get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jatim Optimalkan Water Bombing Atasi Kebakaran Gunung Lawu

Pesan Kuat Sumpah Abadi Brawijaya V di Puncak Gunung Lawu, Keturunan Adipati Cepu Tak Berani Mendaki

Selasa, 25 Juli 2023 | 11:19 WIB
header img
 Sumpah abadi Brawijaya V di puncak Gunung Lawu masih merupakan sebuah misteri hingga saat ini. Karena sumpah terakhir dari raja besar Kerajaan Majapahit yang mengasingkan diri di puncak Gunung Lawu. Terlihat puncak Gunung Lawu. Foto: Bramantyo

KARANGANYAR, iNewsSurabaya.id - Sumpah abadi Brawijaya V di puncak Gunung Lawu masih merupakan sebuah misteri hingga saat ini. Karena sumpah terakhir dari raja besar Kerajaan Majapahit yang mengasingkan diri di puncak Gunung Lawu ini, masyarakat Cepu, yang diyakini masih keturunan dari Adipati Cepu, hingga kini tak berani mendaki ke gunung yang dianggap sebagai pusat pulau Jawa.

Brawijaya V adalah raja terakhir dari Kerajaan Majapahit. Meski konon menghabiskan sisa hidupnya di Gunung Lawu dalam pengasingan, tidak ada yang tahu persis di mana tepatnya makam sang raja berada. Dipercayai bahwa penguasa Majapahit itu menghilang tanpa jejak selama pengasingannya.

Menurut cerita yang beredar di sekitar wilayah Gunung Lawu, tempat ini terkenal sebagai tempat pengasingan bagi Brawijaya, yaitu raja Majapahit terakhir, yang menjadi pertapa di dampingi oleh abdi dalem setianya, Sabdo Palon, dan Noyo Genggong.

Gunung Lawu, yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, terkenal akan keindahan alamnya yang kaya dengan flora dan fauna yang beragam.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut