get app
inews
Aa Read Next : Filosofi Maskot Kebanggaan Jawa Timur dalam Gelaran Pekan Olahraga Provinsi

Kisah Kesedihan Prabu Hayam Wuruk Mendengar Sang Patih Legenda Gajah Mada Sakit

Minggu, 18 September 2022 | 10:02 WIB
header img
Kisah kematian Patih Gajahmada sebagai patih besar Kerajaan Majapahit masih misterius. Hingga kini, petunjuk keberadaan peristirahatan terakhir sang patih belum juga menemui titik terang. Foto iNewsMojokerto

MOJOKERTO, iNews.id - Kisah kematian Patih Gajahmada sebagai patih besar Kerajaan Majapahit masih misterius. Hingga kini, petunjuk keberadaan peristirahatan terakhir sang patih belum juga menemui titik terang.

Catatan sumber informasi pun terbatas. Hingga kini belum ada penemuan peninggalan arkeologi Majapahit yang menambah informasi terkait kisah wafatnya Patih Gajah Mada yang menjadi legenda. Sumber utamanya masihlah Nagarakertagama dan Pararaton.

Dalam buku "Menuju Puncak Kejayaan: Sejarah Kerajaan Majapahit", Prof. Slamet Mulyana menguraikan ada perbedaan fakta terkait kematian Gajahmada. Nagarakretagama dan Pararaton menyebutkan angka tahun kematian yang berbeda.

Dalam Pararaton disebutkan bahwa Patih Gadjah Mada mangkat pada tahun Saka 1290. Sementara informasi pada Nagarakretagama pupuh 71/1 menyebutkan bahwa Patih Gadjahmada wafat pada tahun Saka 1286. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut