get app
inews
Aa Read Next : Gajah Mada, Sosok yang Miliki Strategi dan Ambisi Jitu, Omongannya Sempat Dibilang Omon-Omon

Kisah Kejayaan Majapahit Putus Tahun 1527, Ini Sosok Gubernur Inggris yang Berjasa

Rabu, 03 Agustus 2022 | 13:11 WIB
header img
Kerajaan Majapahit pernah hilang, tepatnya tahun 1527. Kisah kerajaan terbesar di nusantara tersebut kembali mencuat berkat temuan Gubernur Inggris, Thomas Stamford Raffles. (Foto : MPI)

MOJOKERTO, iNews.id - Kerajaan Majapahit pernah hilang, tepatnya tahun 1527. Kisah kerajaan terbesar di nusantara tersebut kembali mencuat berkat temuan Gubernur Inggris, Thomas Stamford Raffles di Trowulan, Mojokerto.

Sosok paling berjasa atas temuan tersebut adalah Thomas Stamford Raffles, saat ini catatannya  menjadi salah satu sumber pengetahuan tentang Majapahit. Raffles termasuk orang pertama yang menuliskan kondisi situs-situs Majapahit. Ia adalah Letnan Gubernur Inggris yang ditugaskan di wilayah Indonesia. Ia datang beserta armada Inggris di muara Cilincing Batavia pada bulan Agustus 1811. 

Majapahit saat kedatangan Raffles tentunya sudah berupa puing-puing saja. Namun, catatan Raffles ini termasuk catatan yang membuka penelitian terhadap Majapahit di masa berikutnya.

Bagaimana kondisi Majapahit saat kedatangan Raffles? Menurut salah satu artikel Adrian Perkasa dalam buku "Sandhyakala ning Majapahit Pembelajaran dari Pasang Surut Kerajaan Majapahit", Raffles menulis semua yang ia temui terkait Kerajaan Majapahit dalam buku besarnya, "History of Java".

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut