get app
inews
Aa Read Next : Gajah Mada, Sosok yang Miliki Strategi dan Ambisi Jitu, Omongannya Sempat Dibilang Omon-Omon

Kisah Kejayaan Majapahit Putus Tahun 1527, Ini Sosok Gubernur Inggris yang Berjasa

Rabu, 03 Agustus 2022 | 13:11 WIB
header img
Kerajaan Majapahit pernah hilang, tepatnya tahun 1527. Kisah kerajaan terbesar di nusantara tersebut kembali mencuat berkat temuan Gubernur Inggris, Thomas Stamford Raffles. (Foto : MPI)

Sejak datang ke Indonesia, terutama saat melihat Surakarta dan Jogjakarta, Raffles telah menunjukkan ketertarikan pada peninggalan Kerajaan Hindhu-Budha di Indonesia. Ia bahkan memiliki sejumlah koleksi arca dari Candi Singhasari Jawa Timur.

Dalam buku "History of Java", Raffles mendedikasikan lebih dari 30 halaman untuk membahas awal berdirinya kerajaan Majapahit hingga masa keruntuhan. Dijelaskan bahwa terdapat dua versi tentang berdirinya kerajaan Majapahit. Raffles sendiri berkesempatan untuk mengunjungi kota Majapahit pada tahun 1815. Saat itulah persentuhan langsung Raffles dengan kota Majapahit.

Sebelum mengunjungi reruntuhan Majapahit di Trowulan, Raffles telah mendapatkan informasi tentang daerah ini dari laporan seorang residen, Letnan H. G. Jourdan. Pada tahun 1813, Letnan Jourdan melaporkan kepada Kolonel Mackenzie bahwa kawasan Trowulan yang berada di dekat Wirasaba itu dipenuhi oleh rerimbunan pohon dan bambu. 

Ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk melacak jejak keberadaan sebuah kota masa lalu di Trowulan. Berbagai arca dan artefak memperlihatkan ciri kehinduan dapat ditemukan dan masih dalam kondisi baik.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut