get app
inews
Aa Read Next : BRI Surabaya BO Diponegoro Teken Kerjasama dengan Balai Besar Veterina Farma Pusvetma

Vending Machine Milik BSI, Tukar Botol Plastik Jadi Uang Sita Perhatian Ibu Negara

Rabu, 26 Juli 2023 | 21:25 WIB
header img
Ibu Negara Iriana Joko Widodo usai mencoba Reverse Vending Machine (RVM) milik PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) di Banyuwangi. Foto/Dok BSI

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Reverse Vending Machine (RVM) milik PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyita perhatian Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Bahkan Iriana sempat menjajal mesik itu ketika melakukan serangkaian kegiatan upaya pemulihan kelautan dan ekosistem perairan bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) di Pantai Bangsring, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, pada Selasa (25/7/2023). 

Reverse Vending Machine atau RVM BSI ini dapat mengubah sampah botol plastik menjadi poin dan bisa ditukarkan menjadi dana ke dalam tabungan oleh masyarakat. 

Saat ini BSI sudah menempatkan 50 RVM di berbagai titik di Jabodetabek dan Bali untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Regional Chief Exceutive Officer (RCEO) BSI Region Surabaya, Kemas Erwan mengatakan BSI terus mendorong dan mensosialisasikan gerakan mengurangi sampah botol plastik, khususnya di tempat-tempat pariwisata. Kali ini, perseroan menyasar Pantai Wisata Bangsring di Banyuwangi.

Pantai Bangsring di Banyuwangi, Jawa Timur menjadi salah satu kawasan yang dipilih mengingat kunjungan wisata ke destinasi pinggir laut ini cukup tinggi. Tingginya jumlah wisatawan yang umumnya berbanding lurus dengan tingginya volume sampah yang dihasilnya menjadi concern tersendiri.


Ibu Negara Iriana Joko Widodo melihat Reverse Vending Machine (RVM) milik BSI. Foto/Dok BSI

 

Regional Chief Exceutive Officer (RCEO) BSI Region Surabaya, Kemas Erwan menuturkan bahwa Pantai Bangsring merupakan salah satu pantai yang memiliki kunjungan wisatawan cukup tinggi di daerah Jawa Timur. Tingginya jumlah wisatawan biasanya berbanding lurus dengan banyaknya sampah plastik, khususnya botol bekas. 

"Lewat pengelolaan sampah plastik yang baik, diharapkan dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat setempat,” tuturnya.

BSI, lanjutnya, berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam gerakan Oase KIM (Oase Kabinet Indonesia Maju) untuk menggencarkan edukasi pengelolaan sampah, transplantasi karang, aksi bersih pantai, ATM sampah dan kegiatan konservasi penyu. Oleh karena itu, BSI gencar melakukan kolaborasi untuk dapat mengubah sampah botol plastik menjadi barang tepat guna. 

BSI sendiri telah menjalankan sustainable movement dalam berbagai implementasi program diantaranya pemasangan solar panel di outlet, penggunaan motor listrik dalam operasional perusahaan, dan pemasangan 50 titik  reverse vending machine/ ATM Sampah di pulau Jawa dan Bali. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut