get app
inews
Aa Read Next : Risol Mentai, Bikin Artis Rela Datang ke Jember, Ternyata ini Rahasia Kelezatan Risol Mamacel

Resto Mala Jia Tawarkan Kuliner Khas Dataran Tinggi China

Rabu, 26 Juli 2023 | 23:34 WIB
header img
Pengunjung memilih bahan-bahan makanan di Resto Mala Jia di PTC Mall Surabaya Barat. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Bisnis kuliner di kota Surabaya terus menjamur. Berbagai ragam jenis kuliner mulai tradisional hingga modern begitu mudah dijumpai di kota pahlawan ini. Terbaru, pengusaha Steven Johnsons Tjan bersama Petarung Group membuka Resto Mala Jia di PTC Mall Surabaya Barat.

Mala Jia, kata Steven merupakan brand dari Malaysia. Hanya saja konsep aslinya dari Chongqing, salah satu wilayah daratan tinggi di China. Mala adalah rempah berbentuk kecil bulat yang biasa dikonsumsi oleh penduduk Chongqing untuk menghangatkan badan.

Sajian mala ini menimbulkan aroma dan rasa pedas pada menu berkuah maupun goreng. Sekali gigit dapat menimbulkan rasa kebas seperti kesemutan pada lidah. 

"Mala ini dimakan oleh orang yang tinggal dekat Tibet supaya badan hangat," katanya. Resto Mala Jia ini menyediakan beragam bahan makanan terbaik. Mulai sayuran dari petani langsung hingga daging dan ikan laut segar yang di display di Cold storage sebagai etalase dingin menyimpan berbagai bahan segar. 


Pengunjung bisa melihat langsung cara memasak di Resto Mala Jia. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

 

Ada Saikoro Beef, Taiwan Chicken Sausage, Prawn (udang), Beef Tendon (otot sapi), Squid (cumi-cumi), Squid Flower (Cumi bunga), Fish fillet (ikan fillet), Chicken Slice (Irisan Ayam). 

Kemudian juga bermacam sayuran petani lokal. Mulai wortel, sawi putih, pare, kentang, aneka jamur, terong, jagung manis, brokoli, buncis, okra, labu, manisa, kangkung, sayur ubi jalar, baby pak coi, lotus root atau akar teratai dan kecambah. Semua bahan laris manis. 

Selain itu ada juga jamur sea weed, white vermicile semacam mie soun, fish noodle, udon, tahu Jepang, tahu sutera, usus bebek dan crispy beef skin. Lalu aneka olahan ikan dan daging seperti sosis, siomay, bakso, dan masih banyak lainnya. 

Bahan-bahan tersebut bisa dipilih sendiri oleh pengunjung. Setelah puas memilih bahan, pengunjung bisa membawa ke kasir dan memilih rasa masakan. Satu mangkok hanya bisa memilih satu rasa dan tingkat kepedasan mala dari tingkat not spicy, mild, medium, spicy hingga extreme. 

Steven menjelaskan, untuk proses mengolah, 6 pilihan tersedia. Mulai Mala Dry Wok, Salted Egg, Garlic Fried, Mala Soup, Chicken Soup dan Suan Cai Soup. 

"Chicken Soup ini cocok untuk anak-anak karena tidak pedas. Garlic Fried juga bisa untuk anak-anak tapi ini kering gak pakai kuah," ujarnya. Ia berharap, Resto Mala Jia bisa menjadi pilihan kuliner warga Surabaya. 
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut